OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA PANTAI ASMARA

Leila Ariyani Sofia(1*), Achmad Syamsu Hidayat(2), Muhammad Adnan Zain(3)

(1) Fakultas Perikanan dan Kelautan, Program Studi Agrobisnis Perikanan Universitas Lambung Mangkurat
(2) Fakultas Perikanan dan Kelautan, Program Studi Agrobisnis Perikanan Universitas Lambung Mangkurat
(3) Fakultas Perikanan dan Kelautan, Program Studi Agrobisnis Perikanan Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Pantai Asmara, Desa Muara Asam-asam Kabupaten Tanah Laut mulai dikembangkan sebagai obyek wisata alam sejak tahun 2016 oleh Pokdarwis Pantai Asmara. Pantai Asmara dengan segala keindahannya terus dibenahi dan dilengkapi segala fasilitasnya untuk lebih meningkatkan minat wsiatawan untuk berkunjung. Namun, pengembangan wisata Pantai Asmara masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, dimana kegiatan promosi belum terkelola dengan baik intensitas promosi yang masih sedikit. Oleh sebab itu, informasi yang diperoleh wisatawan cukup terbatas dan cenderung parsial. Tujuan PKM ini adalah (1) memberikan penyuluhan tentang jenis materi (konten) promosi, tata letak, dan akun media sosial; (2) memberikan pelatihan teknis penyusunan konten promosi berbasis media sosial. Metode kegiatan PKM yang diterapkan adalah (1) penyuluhan dan diskusi; (2) pelatihan dan pendampingan; dan (3) evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penyuluhan telah memberikan perubahan sikap dan pengetahuan khalayak sasaran (kelompok mitra) terhadap pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi wisata Pantai Asmara dari kurang menjadi cukup banyak mengetahui. Proses adopsi dan difusi iptek promosi produk jasa wisata oleh anggota kelompok mitra ke anggota masyarakat lainnya sudah tergolong cukup (bernilai 60 – 80 dengan rata-rata 68). Pokdarwis Pantai Asmara telah mampu mempersiapkan dan menyusun konten akun promosi produk jasa dalam format sederhana sesuai pengetahuan dan kemampuan kelompok.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiyanto, Y dan Supriatna, Y. 2018. Analisis strategi promosi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Sains Manajemen. 4 (2): 83 – 93.

Akhter, S., Rizwan, M., Shujaat, S., & Durrani, Z. 2014. The Impact of Retail Shoes Sales Promotional Activities on Ladies’ Purchase Intentions. Journal of Public Administration and Governance. 4(2): 166–178.

Aryanto, R. dan Mardjuka, M.Y. 2005. Valuasi ekonomi dengan travel cost method pada obyek ekowisata pesisir. Jurnal Ilmiah Pariwisata. 10(1): 58– 76.

Cravens, D. W. 2013. Strategic marketing 10th ed. 658.802 C898 2013.

Ebeid, A. Y. 2014. Distribution intensity, advertising, monetary promotion, and customer based brand equity: an applied study in Egypt. International Journal of Marketing Studies. 6(4): 113-122.

https://doi.org/10.5539/ijms.v6n4p113.

Hidayatullah, N. 2013. Promosi penjualan melalui jejaring sosial (studi deskriptif kualitatif promosi penjualan melalui jejaring sosial twitter pada “Coffee House Ulee Kareng”). https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/ 12862. Diakses tanggal 1 Juli 2019.

Kerpen, D. 2011. likeable Social Media: How to delight Your Customer, Create an Irresistible Brand, And Be Generally Amazing on Facebook, Mcgraw-Hill. Kindleedition.

Morissan, M.A. 2010. Psikologi Komunikasi. Ghalia Indonesia. Bogor.

Patekkai, Muh. 2013. Produksi Media Penyuluhan Audio Visual. Bimbingan Teknis Pembuatan Media Penyuluhan Perikanan tanggal 19 Desember 2013 di Jakarta. Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta. pp.12.

Prasetyo, H. 2018. Media Sosial sebagai Media Promosi Masa Kini. https://www.kompasiana.com/hadiprasetyo9292/5b4a38eef133440e266eb1e4/media-sosial-sebagai-media-promosi-masa-kini?page=2 (15 Juli 2018). Diakses tanggal 1 Juli 2019.

Schivinski, B., & Dabrowski, D. 2015. The impact of brand communication on brand equity through facebook. Journal of Research in Interactive Marketing. 9(1): 31–53.

Sudjana, M. 1984. Metode Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung. pp. 96.

Suryadi, M.I & Yusrizal, F. 2016. Pelaksanaan promosi melalui media sosial pada objek wisata dakwah Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 3 (2): 1 – 15.

Wahyudi, A. dan I. Gunari. 2013. Bimbingan Teknis Media Tercetak. Bimbingan Teknis Pembuatan Media Penyuluhan Perikanan tanggal 19 Desember 2013 di Jakarta. Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, KKP. Jakarta. pp.3.

WTO (World Tourism Organization). 2000. Tourism Trends. Madrid.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.