PENINGKATAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU MELALUI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DALAM MENGATASI KASUS PREEKLAMSI IBU MELAHIRKAN DI KELURAHAN SURGI MUFTI KOTA BANJARMASIN

Achmad Rizal(1*), Asrinawaty Asrinawaty(2), Agus Jalpi(3), Umi Hani(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Posyandu merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Salah satu indikatornya adalah tercapainya cakupan partisipasi ibu yang dapat meningkat dengan informasi dan ajakn yang dilakukan oleh kader Posyandu. Sasaran atau khalayak dalam pelaksanaan ini adalah kader posyandu yang berada di wilayah kelurahan surgi mufti kota Banjarmasin Pelaksanaan Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan kader posyandu memlalui peningkatan pemberdayaan melalui media promosi kesehatan. Metode yang akan dilakukan yaitu melalui pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung realisasi program pengabdian kepada masyarakat melalui media promosi kesehatan bagi kader posyandu di kelurahan surgi mufti tentang kasus preekelamsi ibu melahrikan hal ini disebabkan karena tidak mendapat penanganan yang tepat akibat minim pengetahuan ibu terhadap Tanda dan bahaya pada kehamilan, tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi otak, ginjal, hati, dan paru-paru. Preeklamsia secara tradisional dianggap sebagai kondisi yang paling sering mendahului Eklampsia (kejang karena tekanan darah tinggi pada kehamilan). Preeklampsia menyebabkan kelahiran prematur (baik spontan maupun untuk menyelamatkan bayi dan ibu), kelahiran bayi cacat atau perkembangan janin tidak sempurna, bahkan berpotensi mengancam jiwa. Hal ini terjadi karena ada gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan plesenta, sehingga hal ini mengganggu aliran darah ke bayi maupun ibu. Plasenta merupakan organ yang khusus dibentuk saat kehamilan dan berfungsi sebagai pemasok makanan maupun oksigen dari ibu ke janin. Makanan dan oksigen didistribusikan melalui aliran darah, oleh karena itu untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin, plasenta membutuhkan pasokan aliran darah yang besar dan konstan. Namun pada ibu yang mengalami preeklampsia, plasenta tidak mendapatkan darah yang cukup. Hal ini terjadi diperkirakan akibat plasenta yang tidak bekerja dengan baik untuk menyalurkan aliran darah tersebut, kemudian mengganggu pembuluh darah dan tekanan darah pada ibu.luaran yang dihasilkan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu publikasi pada jurnal ber ISSN atau Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Depkes. RI 2007. Modul: Promosi Kesehatan untuk Politeknik/ D3 Kesehatan. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Depkes RI.2014. Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.

Depkes RI. 2008. Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. 2015 . Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Banjarmasin .

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,2017. Penyakit Terbanyak 2017 Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Juliansyah, Elvi.,Achmad Rizal. Faktor Umur, Pendidikan, Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Merokok Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Durian, Kabupaten Sintang. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018; 17(1); h.92-107.

Mars,Mawar.Teori H.L.Blum Derajat Kesehatan. 2014.hasmawatilaode. blogspot.com/2014/06/teori-hlblum-derajat-kesehatan.html. (Online) (Diakses tanggal 20 Januari 2017)

Maulidawati.2011.Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas 3 dan 4 SD/MI Anahiriyah Kecamatan Ciracas Jakarta Timur Tahun 2011. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia, Depok.

Rizal, Achmad.,Yeni, Riza. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di BP. Gigi Puskesmas Kelayan Dalam Kota Banjarmasin. Jurnal. An Nadaa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA. 2014; 1(1); h.26-31. Rizal, Achmad.,Agus Jalpi. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Banjarmasin Tahun 2016. Prosiding Hasil Penelitian Dosen-Dosen Uniska. 2017. H. 234-241.

Rizal, Achmad. Analisis Pemanfaatan Puskesmas oleh Kepala keluarga di Puskesmas Kelayan Dalam Kota Banjarmasin tahun 2015. Jurnal. An Nadaa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA. 2016; 3(1); h.10-14. Rizal, Achmad.,Agus Jalpi. Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Memilih Jajanan Makanan Di Lembaga Pendidikan Permata Jannati Kota Banjarmasin Tahun 2016. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary. 2017; 2(2); h.49-55.

Rizal, Achmad. Analisis Penatalaksanaan Petugas Kesehatan Balita Diare Di Puskesmas Lanjas Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Indonesia. 2017; 7(2); h. 17-21.

Rizal, Achmad.,Elvi Juliansyah. Faktor Pekerjaan Dan Jarak Tempat Tinggal Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kota Banjarmasin. 2018; 4 (2); h. 138-142.

Rizal, Achmad.,Agus Jalpi. Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahun Dan Sikap Ctps Mahasiswa Uniska. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Wawasan Kesehatan. 2019; 5(2); h.263-268.

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.Bandung.

Soekidjo Notoatmodjo, Hassan Anwar, Nurlaela H. Ella, Krianto Tri, 2008, Promosi Kesehatan di Sekolah, Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Suryaningsih, Widya.2009. Intervensi Peningkatan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Masyarakat di Desa Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang Tahun 2010. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia, Depok.

Wawan, A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta:Nuha Medika.

Widyanto, C.F., & Triwibowo, C.,2013.Trend Penyakit Saat Ini.Jakarta : CV. Trans Info Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i1.2373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.