DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN BERBASIS TOMAT PADA KELOMPOK WANITA TANI KAMBANG TANJUNG DESA PARIGI KACIL KABUPATEN TAPIN

Lya Agustina(1*), Sasi Gendro Sari(2), Susi Susi(3), Udiantoro Udiantoro(4)

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Tomat sangat berpotensi untuk dikembangkan, namun masih terkendala penguasaan teknologi yang masih minim. Buah tomat akan segera mengalami kerusakan jika tanpa perlakuan saat pasca panen. Disisi lain muncul permasalahan utama yaitu “harga tomat yang tidak stabil” sehingga membuka peluang bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Kambang Tanjung untuk melakukan pengolahan terhadap komoditas ini. Salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pengolahan tomat terutama ketika harga sedang anjlok menjadi sebuah produk yang bisa meningkatkan nilai tambah. Pada program ini diversifikasi produk yang ditawarkan adalah pengolahan tomat menjadi Tomkur (Tomat kurma), Tomat Krispi dan PazTo (Bumbu inti). Metode yang akan dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra dalam teknologi proses pengolahan produk, pengemasan, desain kemasan, manajemen keuangan dan pemasaran. Hasil yang ingin dicapai adalah mitra sudah bisa memproduksi produk hasil olahan tomat, melakukan pemasaran baik secara konvensional maupun dengan media sosial serta mitra sudah bisa mengelola keuangan sederhana.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


BPOM RI. 2015. Pedoman Cara Menggoreng Pangan yang Baik Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jakarta: Direktorat Standardisasi Produk Pangan,Deputi III, Badan POM RI.

Ernawati, H., T., Palupi dan M., Nizar. 2016. Teknologi Pengolahan Torakur (Tomat Rasa Kurma) Sebagai Alternatif Meningkatkan Nilai Ekonomis Buah Tomat Di Dusun Kajang Kecamatan Junrejo Kota Batu. J. Teknologi Pangan 7 (3): 107-113.

Handrian, R., G., Meiriani dan Haryati. 2013. Peningkatan Kadar Vitamin C Buah Tomata (Lycopersicum esculentummill) Dataran Rendah Dengan Pemberian Hormon GA3. J. Online Agroekoteknologi 2 (1): 333-339.

Rusmanto, E., A., Rahim danG., S., Hutomo. 2017. Karakteristik Fisik dan Kimia Buah Tomat Hasil Pelapisan Dengan Pati Talas. e-J. Agrotekbis 5 (5): 531-540.

Sulistiyo, C., N. 2006. Pengembangan Brownies Kukus Tepung Ubi Jalar di PT. Fits Mandiri Bogor. [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. IPB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2368

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.