SOSIALISASI DAN EDUKASI CARA MENDAMPINGI ANAK DALAM PENGGUNAAN GADGET SESUAI USIA (STUDI KASUS PADA IBU-IBU KOMPLEK BERANGAS PERMATA INDAH)
(1) Fakultas Teknologi Informasi
(2) Fakultas Teknologi Informasi
(3) Fakultas Teknologi Informasi
(4) Fakultas Teknologi Informasi
(5) Fakultas Teknologi Informasi
(*) Corresponding Author
Sari
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai cara mendampingi anak dalam penggunaan gadget sesuai usia di komplek Berangas Permata Indah. Melalui metode pengumpulan data dan evaluasi, pada sosialisasi ini menunjukkan bahwa kegiatan tersebut berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para orang tua tentang pentingnya peran mereka dalam mengatur penggunaan gadget anak-anak. Selain itu, terlihat adanya perubahan perilaku positif pada para orang tua dalam membatasi waktu penggunaan gadget dan memilih konten yang sesuai dengan usia anak-anak setelah mengikuti kegiatan ini. Dampak positif juga terlihat pada kesehatan dan perkembangan anak-anak, dengan peningkatan tidur, fokus, dan keterlibatan dalam aktivitas di dunia nyata setelah perubahan dalam penggunaan gadget. Keterlibatan komunitas dalam mendukung implementasi praktik-praktik yang disosialisasikan juga menunjukkan adanya dukungan yang kuat dari lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil evaluasi, penelitian ini merekomendasikan kelanjutan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara berkala, kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan ahli psikologi anak, forum diskusi rutin antara orang tua, serta keterlibatan anak-anak dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk memastikan pemahaman dan perubahan perilaku yang berkelanjutan.
Kata Kunci : Anak-Anak, Edukasi, Orang Tua, Penggunaan Gadget, Sosialisasi
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i2.15493
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.