PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBUATAN TRIKOKOMPOS DI DESA SUNGAI BOKOR KALIMANTAN SELATAN

Mariana Mariana(1*), Ismed Setya Budi(2)

(1) Prodi Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Prodi Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Karet merupakan sumber penghasilan utama bagi pekebun di Desa Sungai Bokor.  Selain berprofesi sebagai pekebun karet, juga sebagai peternak kambing ettawa.  Namun Kotoran kambing menjadi polusi dan tidak dimanfaatkan.  Hal ini sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai media aplikatif dari Trichoderma menjadi produk Trichokompos. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melatih dan mendampingi pekebun dan peternak untuk teknologi produksi Trikokompos. Kegiatan ini diawali dengan metode penyuluhan yaitu tentang penyakit karet, kompos dan Trikokompos.  Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan yang telah disepakati antara pelaksana dan mitra berlangsung yang dalam 2 (dua) tahap. Tahap I adalah pelatihan penyediaan kultur murni Trichoderma indigenous dan pembuatan starternya. Tahap ini dilatihkan dan didampingi oleh Tim pelaksana.  Tahap II dilaksanakan oleh Mitra yang dilatihkan dan  didampingi  oleh Tim  pelaksana,  yaitu  produksi  massal  Trikoberas, kompos dan  Trikokompos. Hasil dari kegiatan ini adalah pekebun dan peternak memahami tentang penyakit karet dan kompos serta Trikokompos. .Mitra telah berhasil memproduksi Trikokompos sebanyak 750 kg.  Setelah kegiatan Intensitas penyakit Jamur Akar Putih di kebun karet di desa Sungai Bokor sudah menurun sekitar 50%.

Kata kunci : Penerapan teknologi sederhana, Trikokompos, Karet.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi, I.S dan Mariana. 2015. The Application of Endophytic Trichoderma viride PS-3.7 Using Indigenous Tidal Swamp Aquatic Weeds Media to Control Paddy Wilt Disease. Asian Journal of Applied Sciences 03 (1) : 191-195

Chen, M, H. dan Nelson, E, B. 2012. Microbiological-induced carbon competition in the stermosphere leads to pathogen and disease suppression in a municipal biosolids compost. Taiwan Agricultural Research Institute. Zhongzheng, Taiwan.

Cook, R.J. and Baker, K.F. 1983. The Nature and Practice of Biological Control of Plant Pathogens. The American Phytopathol. Society, St. Paul MN

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan. 2010. Laporan Tahunan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ditlinbun (Direktorat Perlindungan Perkebunan). 2014. Pedoman Uji Mutu Dan Uji Efikasi Lapangan Agens Pengendali Hayati (APH). Direktorat Perlindungan Perkebunan. Kemeterian Pertanian.

Joshi, BB. Bhatt, R.P. dan Bahukhandi, D. 2010. Antagonistic and Plant Growth activity Trichoderma isolates of Western Himalayas. Journal of Environmental Biology. India.

Mariana. Budi, I.S. Aphrodhyanti, L., Yusriadi, M. 2014. Efikasi Trichoderma Dalam Mengendalikan Penyakit Jamur Akar Putih pada Tanaman Karet. Laporan Penelitian

Omorusi, V.I., Eguavoen, O.I., Ogbebor, N.O., Bosah, B.O., Orumwense, K., Ijie, K. 2014. Control of White Root Rot Disease in Rubber Plantations in Nigeria. International Journal of Microbiology and Immunology Research 3(4) : 046-051

Pawirosoemardjo S. 2004. Manajemen pengendalian penyakit penting dalam upaya mengemankan target produksi karet nasional tahun 2020. Proc.Pertemuan teknis.Pusat Penelitian Karet Balai Penelitian sembawa. Sembawa.

Harman, G.E., Howel, C.R., Viterbo, A., Chet, I., and Lorito, M. 2004. Trichoderma species - opportunistic, avirulent plant symbionts.Natural Reviews, Microbilogy. .2 : 43-56.

Howell C. R. ,L. E. Hanson , R. D. Stipanovic , and L. S. Puckhaber. 2000. Induction of Terpenoid Synthesis in Cotton Roots and Control of Rhizoctonia solani by Seed Treatment with Trichoderma virens. Phytopathology 90 (3) :248-252.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v4i1.1510

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.