ROTASI DAN PENYIAPAN LAHAN PENGGEMBALAAN TERNAK SAPI DI KELOMPOK SINAR TIMUR MAKMUR JAYA KECAMATAN KINTAP, KABUPATEN TANAH LAUT

Tintin Rostini(1*), Arya Dwi Saputra(2), Restu Narendra(3), Ditza Pasca Irwangsa(4), Danang Biyatmoko(5)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Siska Supporting Program
(3) Disbunak Prov. Kalimantan Selatan
(4) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(5) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Ketersediaan lahan-lahan hijauan pakan sudah bergeser menjadi perkebunan kelapa sawit, banyak masyarakat yang tergolong usaha kecil dan menengah yang gulung tikar akibat ketersedian pakan yang kurang sehingga  harga menjadi melonjak. Sehingga perlu dilakukan model pengembalaan yang efektif dan efesien  untuk meningkatkan pertumbuhan ternak sapi di perkebunan kelapa sawit.Tujuan dari kegiatan pengabdian ini  adalah : untuk meningkatkan kemampuan kelompok ternak dalam teknis pengembalaan ternak  yang terintegrasi dengan kelapa sawit, meningkatkan kemampuan pengelolaan unit usaha ternak sapi potong. Metode  pengabdian kepada kemasayarakat ini yaitu metode penyuluhan dan pendampinagan teknik model pengembalaan ternak di kawasan perkebunan kelapa sawit. Parameter yang dikaji adalah kemampuan peternak melakukan rotasi pengembalaan. Sistim pengembalaan secara rotasi dapat memberikan keuntungan baik bagi petani maupun perusahaan kelapa sawit, dimana lahan yang dijadikan pengembalaan ternak tidak padat di mana ternak hanya dipelihara beberapa hari saja selain itu ternak mendapatkan hijauan yang berkualitas.  Disimpulkan bahwa sistim pengembalaan secara rotasi dapat meningkatkan produktivitas ternak dan dapat meningkat kan pertumbuhan kelapa sawit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, L. 2011. Prospek Integrasi Perkebunan Kelapa Sawit-Sapi Potong dalam Upaya Percepatan Pencapaian Swasembada Daging Nasional 2014: Sebuah Tinjauan Perspektif Penyediaan Pakan. Kutai Timur. Sangatta

Crowder L V and Chedda H R 1982 Tropical Grassland Husbandry. Longman Inc. New York.

Daru TP, Yulianti, A., dan Widodo E. 2014. Potensi Hijauan di Perkebunan Kelapa Sawit sebagai Pakan Sapi Potong di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pastura. 3: 94-98.

Purwantari, N.D., Tiesnamurti, dan Y. Adinata. 2015. Ketersediaan Sumber Hijauan di Bawah Perkebunan Kelapa Sawit untuk Penggembalaan Sapi. Wartazoa. 25(1): 47-54.

Reksohadiprodjo, S. 1994. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropika. BPFE, Yogyakarta.

Rostini, T., Djaya, S., dan Adawiyah, R. 2020. Analisis Vegetasi Hijauan Pakan Ternak di Area Integrasi dan Non Integrasi Sapi dan Sawit. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 15(2), 155-161.

Rostini,T. Biyatmoko, D. Jaelani, A. Zakir,I. 2016. Optimalisasi pemanfaatan limbah perkebunan sawit sebagai pakan ternak melalui teknologi wafer hijauan komplit. Prosiding seminar nasional inovasi teknologi pertanian. Banjar baru,20 juli 2016.

Ramdani D., Abdullah L., and Kumalasari N.R. 2017. Analisis Potensi Hijauan Lokal pada Sistem Integrasi Sawit dengan Ternak Ruminansia di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau. Buletin Makanan Ternak, 104 (1):1-8

Rusdin MI, Sri P, Atik AI. 2009. Studi potensi kawasan Lore Tengah untuk pengembangan sapi

potong. Jurnal Media Sulteng 2(2):94-103.

Rusmadi. 2007. Prospek pengembangan sapi potong di Kabupaten Penajam Paser Utara. Journal

Prospet of Beef cattle Breding 4(2):36-42.

Saragih EW, Tero NK. 2009. Potensi tiga padang penggembalaan yang berbeda di Kabupaten

Manokwari. Jurnal Ilmu Peternakan 4 (2):53-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.14556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.