PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK BANGUNAN KAMPUS UNISKA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI RESIKO KEBAKARAN AKIBAT KEGAGALAN KELISTRIKAN

Rais Mu'ammar(1*), Irfan Irfan(2), Moethia Faridha(3), Ayu Novia Lisdawati(4), Ice Trianiza(5)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pemeliharaan instalasi listrik pada sebuah bangunan sebagai upaya strategis untuk mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh kegagalan instalasi kelistrikan. Kegiatan ini meliputi serangkaian proses pemeriksaan dan perawatan instalasi kelistrikan yang ada di bangunan tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya pemeliharaan instalasi listrik yang baik dan benar di lingkungan kampus tersebut. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa peningkatan signifikan dalam hal keamanan instalasi listrik di kampus UNISKA telah tercapai. Inspeksi yang dilakukan secara berkala mampu mengidentifikasi dan memperbaiki sejumlah potensi bahaya yang dapat menyebabkan kegagalan kelistrikan dan bahaya kebakaran. Adapun kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa pemeliharaan instalasi listrik secara rutin merupakan langkah yang efektif dalam mengurangi risiko kebakaran akibat kegagalan kelistrikan di lingkungan kampus tersebut. Pangabdian ini diharapkan dapat dijadikan model untuk pelaksanaan kegiatan serupa di institusi pendidikan lainnya agar mampu menciptakan lingkungan kampus yang aman dari risiko kegagalan kelistrikan yang dapat berisiko kebakaran.

Kata Kunci: Kelistrikan, Instalasi, Pemeliharaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lembang N, lembang D, Elo YL. Pemeliharaan dan perbaikan isntalasi penerangan rumah di kabupaten fakfak. Jurnal Masyarakat mandiri. 2023: 7(4). 3843-3852.

Nasir M, Adrianti, Syafii, Yunus S. Pemeliharaan dan perbaikan instalasi listrik pondok tahfidz darul hijrah wal amanah. Jurnal Andalas: Rekayasa dan Penerapan Teknologi. 2022: 2(2). 49-53.

Nrartha IMA, Sultan, Ginarsa IM, Muljono AB, Sasongko SMA, Yadnya MS. Penyuluhan tentang pemeliharaan instalasi listrik di desa banyumulek, kecamatan kendari, kabupaten lombok barat. Jurnal Karya Pengabdian. 2021: 3(1). 47-54.

Pamungkas MP, Sari RP, Wardany K, Mariana E. Sosialisasi dasar teknik instalasi listrik rumah tangga di kelurahan kecamatan trimurjo. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo. 2021: 3(2). 41-48.

Sianturi TA, Purba JS, Naibaho W. Sosialisasi penggunaan kabel sesuai SNI untuk instalasi listrik rumah tinggal di nagori pagar pinang kecamatan jorlang hataran kabupaten simalungun. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). 2021: 4(2), 112–116.

Sunawar A, Zakir I, Wadjdi F, Subekti M, Octaviani N, Rahmawati D. Pelatihan perbaikan dan pemeliharaan instalasi listrik rumah tinggal dalam rangka peningkatan skill bagi masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. 2021: 145-154.

Yanto DTP, Muskhir M, Astrid E, Maulana R. Peningkatan kompetensi pemuda melalui pelatihan pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik rumah sederhana. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. 2021: 7(2). 345-352.

Zakir I, Sunawar A, Subekti M, Rarahdo IA, Salam INMA. Perbaikan dan pemeliharaan instalasi listrik upaya pencegahan kebakaran pada masyarakat di rw 02 kelurahan cipinang besar selatan kecamatan jatinegara jakarta timur. 2021: 235-242.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.14413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.