PEMBERDAYAAN PETANI BUAH DALAM PENYEDIAAN BIBIT DURIAN METODE GRAFTING DI JALAN DURIAN DESA MANDIANGIN BARAT KECAMATAN KARANG INTAN

Ari Jumadi Kirnadi(1*), Arief Hidayatullah(2), Suslinawati Suslinawati(3), Inda Ilma Ifada(4)

(1) Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(4) Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Durian menjadi salah satu buah yang memberikan nilai ekonomis tinggi bagi petani buah,   tetapi hanya sedikit buah durian lokal yang bermutu tinggi yang dijual dipasaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah kurangnya penyediaan bibit varietas unggul yang ada. Oleh karena itu perlu cara perbanyakan durian yang dapat menghasilkan bibit varietas unggul untuk menghasilkan produksi tinggi.Keterbatasan pengetahuan dan ekonomi masyarakat khalayak sasaran tidak memungkinkan melakukan peremajaan tanaman dengan membeli bibit durian yang berkualitas, baik yang berasal dari Okulasi maupun grafting (Sambung pucuk).  Mereka umumnya hanya menanam bibit yang berasal dari biji, yang kualitasnya kurang memuaskan di tambah mulai berbuahnya sangat lama.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan harapan petani yang ada di wilayah jalan Durian Desa Mandiangin Barat mau dan mampu meremajakan tanaman durian dengan menggunakan bibit yang bermutu sehingga berdampak positif bagi ekonomi dan kelestarian buah durian.  Bentuk kegiatannya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat bibit durian dengan teknik grafting.Parameter-parameter yang digunakan untuk menilai keberhasilan program

kegiatan ini adalah pernyataan kepuasan dari peserta pelatihan, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan serta keaktifan peserta.

 

Kata Kunci    :  Pemberdayaan, Petani buah, Bibit durian Grafting,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elvisari Dewi, Selvy Handayani dan Rosnina (2016). Modul Praktikum Teknologi Perbanyakan Tanaman Vegetatif dan Generatif. Program Studi Agroteknologi. Universitas Malikussaleh. Aceh Utara.

Savitri dan Afrah. 2019. Aplikai Teknik Sambung Pucuk (Top grafting) untuk perbanyakan Tanaman Durian (Durio zibethinus Murr). Jurnal Agriflora Vol 3 No.1 Mei 2019.

Ina Magdalena dkk. 2021. Analisis Penggunaan Pre-test dan post- test pada mata pelajaran Matematika dalam keberhasilan Evaluasi pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 3 nomor 2. Juli 2021.

Kirnadi,.A.J. dkk. 2022. Pembinaan dan Manajemen penyediaan Pakan Hijauan berkecukupan pada Komunitas Peternak kambing jalan Durian Desa Madingin Barat Kecamatan Karang Intan. Laporan Penelitian Fakultas Pertanian Uniska.Banjarmasin.

Nuryadi et al. 2017. Daasr dasar Statistik penelitian. Universitas Mercubuana. Yogyakarta. https://perpustakaan.unanda.ac.id

/index.php?p=fstream&fid=18&b id=6645. Diakses 29 Agustus

Oreza Maulana dkk. 2020. Keberhasilan Pertautan Sambung Pucuk BeberapaVarietas Manggadengan Panjang Entres yang berbeda. Jurnal Agroteknologi dan IlmuPertanian 5(1) Desember 2020.

Siti Nur Aeni. 2023Cara Grafting Durian agar Menghasilkan Bibit

Unggul: https://agri.kompas.com/read/2023/01/03/180648384/cara-grafting- durian- agar- menghasilkan-bibit- unggul?page=all. 3 Agutus 2023

Somari, S. 2008. Durian: Southeast Asia’s King of Fruits. Chronic Horticulture. 48 (4) : 1922

S.M. Sarwadana,.N.L.M. Pradnyawathi, dan N.N. Darmiati. 2018. Aplikasi Teknik Graftimg pada pembibitan durian kunyit Indikasi Geografis Pupuan Tabanan. Buletin Udayana Mengabdi. Volume 17

Nomo 4, Oktober 2018.

Widyana Rahmatika, Fajar Setyawan. 2018. Kompatibilitas Batang bawah dan batang atas pada metode grafting Tanaman Durian (Durio zibethinus Murr). Agritrop, Desember 2018. Volume 16 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.14383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.