PENGUASAAN STRUKTUR BAHASA INGGRIS : MENGASAH KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI DAN PESAN PADA TEKS BAHASA INGGRIS BAGI GURU SDN DESA SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA

Hengki Hengki(1*), Ratna Ratna(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Artikel ini membahas tentang pelatihan penguasaan struktur bahasa Inggris yang ditujukan untuk guru-guru SDN Semangat dalam 3 di Barito Kuala. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam memahami teks berbahasa Inggris, mengenali jenis kosa kata, dan merangkai kalimat dengan baik. Dengan penguasaan yang lebih baik terhadap bahasa Inggris, diharapkan para guru dapat mentransfer pengetahuan dengan lebih efektif kepada murid-murid, memperluas cakupan informasi, dan berkomunikasi lintas budaya. Metode pelaksanaan kegiatan melibatkan pelatihan intensif di sore hari setelah jam pengajaran selesai, dengan peserta pelatihan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru, dan karyawan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam memahami teks berbahasa Inggris, yang berdampak positif pada pengajaran dan pengembangan profesional mereka. Kesimpulannya, pelatihan dalam memahami teks bahasa Inggris tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan dan mempersiapkan siswa untuk tantangan global di masa depan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baykent, U. O. (n.d.). An Introductory Course to Philosophy of Language.

Hasanah, N., & Perdana, I. (n.d.). The effectiveness of scanning

technique in teaching reading at the eighth grade of SMP Negeri 5

alalak school year 2019/2020. http://fis.ucalgary.ca/Brian/611/re

adingtype.html#

Hengki, & Ratna. (2021). Strategi Pengajaran Immersion: Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Remaja Mesjid Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Hengki. 6(April).

Idawati, K., Fitriani, N., & Ernawati, E. Y. (2020). Pemahaman Struktur Kalimat Dihubungkan Dengan Kompetensi Pemroduksian Bahasa Inggris.

JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1).

Incecay, V., & Dollar, Y. K. (2011). Foreign language learners’ beliefs

about grammar instruction and error correction. Procedia - Social

and Behavioral Sciences, 15, 3394–3398. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.307

Kurniawan, R., Zaini Miftah, M., & Qamariah, Z. (n.d.). Grammartranslation method affects students’ reading comprehension

and motivation.

Maulida, Y., & Neviyarni, N. (2021). Analisis Bahassa ditinjau dari

Karakteristik, Isu Belajar dan Teori Bahasa. EDUKATIF :

JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.186

PEARSON, P. D., HIEBERT, E. H., & KAMIL, M. L. (2007). Vocabulary assessment: What we know and what we need to learn.

Reading Research Quarterly, 42(2), 282–296. https://doi.org/10.1598/rrq.42.2.4

Side Richard& Wellman Guy. (1999). Grammar-andVocabularyAdvanced-andProficiency.Vacca, R., Anne, J., & Vacca, L. (2008). Content Area Reading: Literacy and Learning Across the

Curriculum




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.14382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.