Pembuatan Vermikompos Dengan Memanfaatkan Limbah Organik Rumah Tangga di Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara

Yuniar Artati(1*), Kiyamah Fatharizki A.K.(2), Ilham Wirayuda(3)

(1) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
(2) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
(3) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
(*) Corresponding Author

Sari


Pupuk organik dengan bantuan organisme cacing tanah ini dikenal dengan nama Vermikompos. Cacing tanah banyak ditemukan baik di permukaan tanah, tumpukan sampah organik bahkan di tempat lembab. Selain berfungsi sebagai pengurai, organisme ini memiliki kemampuan menggemburkan tanah sehingga sering dijadikan indikator untuk tanah yang subur.

Provinsi Kalimantan Timur didominasi dengan jenis tanah PMK (Podsolik Merah Kuning) atau ultisol, latosol dan litosol yang ketiganya merupakan jenis tanah yang kurang subur dan biasanya memiliki kandungan logam yang tinggi. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap keberadaan cacing tanah sebagai organisme pengurai. Tanah yang padat dan keras akan sulit menjadi habitat cacing tanah, karena organisme ini membutuhkan tanah yang gembur sebagai sirkulasi udara untuk bernafas.

Proses pembuatan Vermikompos ini sekaligus menjadi kegiatan budidaya cacing tanah. Masyarakat bisa memahami peranan organisme ini yang tidak hanya sekedar menyuburkan tanah, menguraikan bahan organik dan limbah, tetapi bisa menghasilkan nilai ekonomi cukup tinggi jika dibudidayakan. Vermikompos adalah kompos yang diperoleh dari hasil perombakan bahan-bahan organik yang dilakukan oleh cacing tanah. Vermikompos merupakan campuran kotoran cacing tanah (kascing) dengan sisa media atau pakan dalam budidaya cacing tanah.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan, Jurusan Manajemen Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda merupakan salah satu kewajiban dalam melaksanakan fungsi perguruan tinggi dalam konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.12677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.