PENYULUHAN PERAN GURU DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEDAGOGIK UNTUK MEWUJUDKAN KOMPETENSI SISWA ABAD 21

Agustina Rahmi(1*), Husnul Madihah(2), Rasuna Rasuna(3)

(1) Magister Administrasi Pendidikan
(2) Magister Administrasi Pendidikan
(3) Magister Administrasi Pendidikan
(*) Corresponding Author

Sari


Paradigma perubahan pembelajaran Era indutri 4.0 dalam dunia pendidikan menekan pada kemampuan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh sumberdaya manusia. Kecakapan tersebut diharapkan dapat mendorong terbentuknya kemampuan abad 21 dan perubahan paradigma pembelajaran di dalam kelas. Paradigma pembelajaran ini menekankan pada peserta didik untuk dapat belajar lebih banyak dan guru disini sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Kecakapan abad 21 ini yang harus dimiliki oleh siswa diantaranya penguasaan ilmu pengetahuan dan kualitas karakter. Penguasaan Ilmu pengetahuan untuk menjawab tantangan zaman yang bersufat dimanis. Sedangkan, kualitas karakter tersebut berupa pendidikan karakter yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa.

Untuk dapat tercapainya tujuan tersebut maka dilakukan penyuluhan mengenai: 1) peran guru dalam penanaman pendidikan karakter untuk mewujudukan kompetensi siswa abad 21 (komunikasi dan berkalaborasi/ bekerjasama), dan 2) peran guru dalam penanaman pendidikan pedagogik untuk mewujudukan kompetensi siswa abad 21 (berpikir kritis dan kreativitas). Sasaran khalayak pada penyuluhan ini adalah guru SDIT Al Ihsan

Metode yang digunakan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, demonstrasi dan diskusi yang dilaksanakan di aula SDIT Al Ihsan. Namun, untuk memastikan materi penyuluhan ini dapat ditangkap dengan baik dan tujuan penyuluhan dapat tercapai maka dilakukan pre test pada awal pertemuan kemudian diakhiri dengan post test. Adapun, hasil yang didapat pada pelaksanaan yaitu antusiasme guru dalam kegiatan yang ditandai dengan berbagai pertanyaan serta pelaksanaan kegiatan berjalan lancer dan asil pemahaman guru berdasarkan kuesioner yang diberikan menunjukkan kategori baik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa, Miftah Nurul dkk. 2020. Pentingnua Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolag Dasar di Zaman Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, April 2020; 35-48.

Ann Miles Gordon, K. W. 2008. Beginnings and Beyond: Foundations in Early Childhood Education, Seventh Edition. Thomson Delmar Learning

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hakam, K. A. 2013. Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: 7 Bandung.

Hamzah B. 2007. Professi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kesuma, D, dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda karya

KPAI. Jumlah Kasus Kekerasan pada Anak. 2017 [Online]. www.kpai.go.id [accessed tanggal 12 Februari 2023.

Lickonna, T. 1992. Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Maria, dkk. 2019. Pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru, Pendidikan Karakter dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS kelas VIII SMP Nasional Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, April, Vol. 4 No.1 (2019).

Megawangi. 2007. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.

Millah, M. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No, 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta : Permendikbud.

Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017. Tentang penguatan Pendidikan Karakter. Bab 1 Pasal 2. Jakarta: Depdiknas.

Samani, M & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saud, U. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Syarafuddin, M, dkk. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cayaha Mandalika Vol. 1 No. 2 (2020).

Wilantika, W. 2021. Pengaruh Pedagogik Guru terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Pertiwi 1 Sumber Rembang Tanhun Pelajaran 2020/2021. Semarang: UIN Walisongo Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.12578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.