PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI PENGGERGAJIAN KAYU SEBAGAI BAHAN CAMPURAN PEMBUATAN PAVING BLOK, ABU GOSOK DAN MEDIA TANAM PERTANIAN

Fitriani Ridzeki(1*), Muhammad Gunawan Perdana(2), Eka Purnamasari(3), Abdurrahman Abdurrahman(4), Hendra Cahyadi(5), Robiatul Adawiyah(6), Diemas Anggoro Asael(7)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(4) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(5) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(6) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(7) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pasar Papan Kelurahan Antasan Senor Ilir Kec Martapura Timur Kabupaten Banjar merupakan kawasan bisnis yang sangat strategis karena berada di samping jalan nasional yang menghubungkan wilayah kabupaten yaitu Jalan Ahmad Yani Km. 40. Tanah kering dan sawah adalah kondisi umum dari Kelurahan Antasan Senor Ilir Kecamatan Martapura Timur. Karena lokasinya berdekatan dengan Sungai Martapura maka sering terjadi banjir atau genangan akibat luapan air sungai. Kurang lebih 80% rumah terkena dampak banjir tersebut.

          Hasil  pembakaran  dari  serbuk  gergaji kayu  tersebut  menghasilkan  unsur  silika. Ada beberapa penelitian tentang serbuk gergaji kayu yang pernah dilakukan namun penggunaanya masih terbatas pada campuran pembuatan beton. Kemungkinan lain serbuk gergaji dapat digunakan sebagai bahan tambah pembuatan paving blok, abu gosok dan media tanam pertanian. Dengan mempertimbangkan hal di atas, maka disepakati bahwa yang akan diatasi pada program pengabdian adalah memanfaatkan limbah industri penggergajian kayu sehingga bisa meningkatkan kemampuan home industry warga sekitar dalam melakukan pengembangan usaha, memperbaiki kondisi jalan desa yang lunak dan berlumpur pasca banjir.

Kata kunci: serbuk kayu, paving blok, abu gosok, media tanam



Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.12542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.