PELATIHAN PEMBUATAN ACTIVATOR EM4 (EFFECTIVE MIKROORGANISME 4) BERBAHAN DASAR LIMBAH DAN PELATIHAN MOTIVASI DIRI PADA SALAH SATU SKB DI BANJARMASIN

Novi Rahmawanti(1*), Ani Wardah(2), Novrian Dony(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


EM4 merupakan salah satu  jenis  larutan   yang   mengandung   bakteri seperti decomposer, lactobacillus sp, bakteri asam laktat, bakteri fotosintetik, jamur pengurai selulosa, bakteri pelarut fosfor yang berfungsi sebagai pengurai bahan organik secara alami. Pemberian pelatihan kepada warga belajar merupakan salah satu sasaran pendidikan yang ingin dicapai guna memaksimalkan proses pembelajaran warga belajar paket C di SKB Kota Banjarmasin. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan pembuatan activator EM4 (efektif mikroorganisme 4) berbahan dasar limbah. Pembuatan activator EM4 merupakan salah satu bagian dari riset yang telah dilakukan oleh penulis dalam hal pemanfataannya untuk mempercepat pembuatan kompos. Penyampaian pelatihan pembuatan EM4 di Paket C SKB Kota Banjarmasin dilakukan untuk memenuhi pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup karena warga belajar dapat mengaplikasikan cara pembuatannya dan pemanfaatannya dalam pembuatan kompos. Hasil post test menunjukkan bahwa pengetahuan warga belajar peserta pelatihan terhadap pupuk dan EM4 meningkat sebesar 80%. Keinginan untuk mengaplikasikan juga terlihat dari pertanyaan yang muncul selama berlangsungkanya kegiatan. Perubahan juga terjadi pada warga belajar paket C yang awalnya belum memahami wajibnya hadir rutin dalam pembelajaran pada jadwal yang ditentukan, dengan adanya praktik konseling motivasi belajar yang telah kami lakukan telah banyak memberikan dampak perubahan  dengan adanya kehadiran yang rutin dan mereka menjadi bersemangat untuk mengikuti  pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrizal, M. f. & Lestari, G. D., 2020. Hubungan Antara Pengelolaan Pembelajaran Dengan Tingkat Kepuasan Peserta Didik Di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/issue/view/421).

Hidayat, D., 2016. Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education, 2(https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/5309/4219).

Rahmawanti, N., 2014. Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Aktivator EM4 di Daerah kayu tangi. ZIRAA'AH, 39(1).

Sudjana, 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. KOTA SURAKARTA: Bandung Falah Production

UNDANG-UNDANG, R., 2023. SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, s.l.: s.n.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i1.12425

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.