WORKSHOP BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BANJAR PADA MGBK SMA DI KOTA BANJARMASIN

Ainun Heiriyah(1*), Muhammad Eka Prasetia(2), Farial Farial(3), Hegen Dadang Prayoga(4)

(1) UNISKA MAB Banjarmasin
(2) UNISKA MAB Banjarmasin
(3) UNISKA MAB Banjarmasin
(4) UNISKA MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Setiap Permainan tradisional dapat dijadikan sebuah inovasi dalam layanan bimbingan dan konseling. Permainan tradisional dapat dikolaborasikan dengan layanan bimbingan dan konseling sehingga menjadi sebuah teknik atau metode di dalam pelaksanaan layanan layanan bimbingan dan konseling kelompok. Untuk mewujudkan ini tentu harus ada kreativitas guru BK dalam melakukan inovasi terhadap layanan bimbingan dan konseling yang akan diselenggarakan di sekolah. Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa guru BK SMA di Kota Banjarmasin masih memerlukan wawasanan ilmu pengetahuan, kreativitas/ inovasi dalam layanan BK dan  keterampilan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Khususnya pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling kelompok di sekolah. Permasalahan mitra yang menjadi prioritas utama adalah dirinci sebagai berikut: (1) Terdapat guru BK yang kurang memiliki kreativitas dalam mengembangkan inovasi dalam  layanan  bimbingan dan konseling kelompok di sekolah; dan (2) Terdapat guru BK yang belum mengetahui tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling kelompok berbasis permainan tradisional banjar. Dari fenomena permasalahan dan alternatif solusi, maka pelaksana memilih prioritas solusi diantaranya ialah: (1) Memberikan bantuan kepada guru BK berupa kreativitas dan inovasi konselor sekolah professional dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling kelompok di sekolah; dan (2) Memberikan bantuan kepada guru BK berupa pelatihan bimbingan dan konseling kelompok berbasis permainan tradisional banjar.

Metode pelaksanaan menggunakan metode: (1) ceramah; (2) pelatihan; dan (3) evaluasi. Khalayak sasaran berjumlah 32 orang guru BK yang menghadiri kegiatan PKM.

Hasil kegiatam PKM dari analisis data pre test evaluasi awal kegiatan, maka dapat di klasifikasikan bahwa kreativitas guru BK di SMA Kota Banjarmasin tergolong dalam kategori Rendah (2,92) dan hasil kegiatan PKM dari analisis data post test kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi meningkat dengan kategori Tinggi (7,45). Hal ini tentunya merupakan hal yang baik, setelah diberikannya kegiatan workshop sehingga dapat meningkatkan kreativitas guru BK dalam inovasi layanan BK di sekolah.

Kata kunci: Bimbingan, konseling, permainan tradisional banjar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggita, Gustiana Mega; Mukarromah, Siti Baitul; & Ali, Mohammad Arif. 2018. Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOURNAL OF SPORT SCIENCE EDUCATION (JOSSAE) VOL : 3, NO : 2 OCTOBER (2018).

Folastri, Sisca & Rangka, Itsar Bolo. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Muhajid Press.

Fitri, Egy Novita & Marjohan. 2016. Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO. Volome 2 Nomor 2, 2016, Hlm 19-24

Graha, Gita Kurnia. 2022. Yogyakarta: Diakses sabtu, 11-02-2023. Jam: 13.47 Wita. https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3432/keberagaman-budaya-indonesia-dalam-semangat-nasionalisme.html.

Istirahayu, Iis. 2020. Layanan BK Melalui Aplikasi Permaian Tradisional Lompat Tali Terhadap Sikap Kerja Sama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia (JBKI) Volume 5 Nomor 2. 2020. Hal 39-41.

Merdeka.com. 2021. https://www.merdeka.com/gaya/mengenal-39-permainan-tradisional-yang-bisa-dimainkan-dengan-alat-atau-tanpa-alat.html . diakses sabtu, 11-02-2023. Jam: 14.11 Wita.

Santy, Noviya Ervina Widara. 2018. Perbandingan Permianan Tradisional Dengan Permianan Modern Terhadap Keterampilan Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN 1 RAKAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi.

Wikisource. 2022. Diakses Senin, 13-02-2023. Jam 10.43. https://id.wikisource.org/wiki/Permainan_Rakyat_Daerah_Kalimantan_Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.12309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.