PENDAMPINGAN PEDAGANG DI KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TENTANG PENETAPAN HARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Rahmatul Huda(1*), Parman Komarudin(2), Abdul Wahab(3)

(1) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Harga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba usaha. Sehingga penetapan harga akan berpengaruh pada pendapatan total dan biaya total, maka keputusan dan strategi penetapan harga memegang peranan penting dalam setiap usaha atau bisnis. Kesalahan dalam penentuan harga dapat menimbulkan berbagai konsekuensi. Hal ini juga dialami oleh para pedagang di Kecamatan Amuntai Tengah. Daerah ini berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Mayoritas penduduk di Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerja di sektor jasa, salah satunya sektor perdagangan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Hulu Sungai Utara, masih didominasi oleh penduduk yang bekerja pada kelompok sektor jasa-jasa sebesar 54,77%. Berbagai perkembangan dan tantangan dihadapi oleh para pihak yang berkecimpung di bidang ini. Kendala tersebut diantaranya adalah terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat karena perang harga yang dilakukan para pedagang, hal ini juga disebabkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang penetapan harga yang sesuai dengan ketentuan Islam. Berdasarkan kondisi tersebut, maka upaya pendampingan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan. Berdasarkan kondisi tersebut, maka upaya sosialisasi kepada masyarakat menjadi sangat penting untuk dilaksanakan. Adapun metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam beberapa bagian, yaitu penyajian materi, tanya-jawab, dan evaluasi kegiatan berupa pre-test dan post-test yang digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman peserta kegiatan. Target luaran yang ingin dicapai adalah publikasi ilmiah dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Utara, 2021, Indikator Pasar Tenaga Kerja Kabupaten Hulu Sungai Utara Agustus 2021, Hulu Sungai Utara.

Kasmir, 2003, Manajemen Perbankan, Jakarta: PT.Raja Grafindo persada.

Kementerian Agama RI, 2013, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: CV Toha Putra.

Khodijah Ishak, Penetapan Harga Ditinjau Dalam Persepektif Islam, Jurnal Iqtishaduna.

Muslimin, Supriyadi, dkk, 2020 Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam, Al-Azhar Journal of Islamic Economics Volume 2 Nomor 1.

Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.12294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.