PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI COREL DRAW X7 UNTUK SISWA PADA SMK SYUHADA TEKNOLOGI BANJARMASIN

Budi Setiadi(1), Dwi Retnosari(2), Auliya Rahman(3*)

(1) PPPJ UNISKA
(2) PPPJ UNISKA
(3) PPPJ UNISKA
(*) Corresponding Author

Sari


SMK Syuhada Teknologi Banjarmasin adalah salah satu sekolah swasta yang berada di Kota Banjarmasin yang mempunyai beberapa program keahlian. Seiring kemajuan zaman yang selalu berkembang, keterampilan pembelajaran dan pendidikan telah mengalami banyak perubahan. Di tempat ini dari tenaga pengajar untuk siswa peserta kursus atau pelatihan masih mengalami kekurangan, maka dari itu mengadakan pengabdian kepada masyarakat sangat tepat untuk memberikan kursus atau pelatihan tambahan kepada siswa peserta.  Saat ini, metode pembelajaran untuk siswa tidak hanya menggunakan cara konvensional, tetapi juga dengan menggunakan cara yang lebih modern. Pembelajaran berbasis multimedia salah satu aplikasi yang digunakan yaitu Coreldraw X7 dalam desain grafis yang memiliki banyak keunggulan. Tujuan nya menyajikan model desain grafis pembelajaran interaktif dengan tampilan yang menarik dan mudah dipelajari untuk siswa, dapat digunakan di dalam kelas dan dapat dipelajari secara mandiri di rumah. Manfaat adalah untuk memberikan siswa pembelajaran pendamping dengan coreldraw x4 agar mereka bisa meningkatkan keterampilan dalam bidang desain grafis bisa menghasilkan desain periklanan, logo, desain interior dan eksterior, desain undangan, desain buku, sampul, koran, majalah, desain kemasan produk, desain produk digital. Hasil yang ingin dicapai dalam peningkatan keterampilan pembelajaran ini adalah agar siswa lebih konsentrasi dalam bidang desain grafis dan lebih memahami dalam penggunaan aplikasi Coreldraw X7 yang lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci : Aplikasi Coreldraw X7, Desain Grafis, Media Pembelajaran, Siswa

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.12215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.