PEMANFAATAN PLTMH SEBAGAI PENERANGAN JEMBATAN GANTUNG DI AIR TERJUN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT

Dheni Candra Kustianto(1), Moethia Faridha(2*), Gusti Eddy Wira Pratama(3), Saiful Karim(4), Irfan Irfan(5)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pembangkit Listrik dengan skala yang kecil menggunakan air sebagai tenaga penggeraknya baik berupa irigasi, sungai maupun air terjun kemudian dimanfaatkan head dan jumlah airnya disebut dengan PLTMH. Salah satu pemanfaatan Air Terjun Bajuin sebagai PLTMH yang merupakan satu kawasan wisata di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Letaknya hanya 10 km dari pusat kota Pelaihari dan 75 km dari pusat kota Banjarmasin. Di kawasan wisata Air terjuan Bajuin energi listrik tersalurkan tidak menyeluruh, masih banyak yang belum terjamah energi listrik. Penerangan listrik dapat mengurangi adanya kecelakaan yang dikarenakan kurangnya penerangan di wisata air terjun bajuin. Di daerah Bajuin Pelaihari yang       geografisnya berada di pegunungan. Kondisi jalan malam hari sangat berbahaya dikarenakan jembatan gantung yang licin dan supply listrik tidak sampai disana. Hasil yang didapat setelah penerapan PLTMH di Air Terjun Bajuin adalah sistem turbin Vortex debit air 0,034 m3/s dengan keluaran tegangan rata-rata 33,6V dan arus 0,24A menghasilkan tegangan rata-rata 13,16V dan arus 0,30A setelah melewati rangkaian SCC.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damanik, Septiawan W, Pasaribu FI, Lubis S, Siregar CA. Pengujian modul solar charger control (scc) pada teknologi pembuangan sampah pintar. Jurnal Teknik Elektro. 2021: 3(2): 5.

Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut. (https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-bajuin/).

Hartadi B. Perancangan penstock, runner, dan spiral casing pada turbin air kaplan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (pltmh) di sungai sampanahan desa magalau hulu kabupaten kotabaru. 2014: 8.

Ma’ali N. Perencanaan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) kepung kabupaten kediri. 2017.

Saputra, Budiarsana IW, Weking AI, Jasa L. Rancang bangun pemodelan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) menggunakan kincir overshot wheel. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. 2017: 16(2): 48. Doi: 10.24843/mite.2017.v16i02p09.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12069

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.