PEMBINAAN REMAJA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN HABSYI SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Syahmidi Syahmidi(1*), Surawan Surawan(2), Muhammad Redha Anshari(3), Muhammad Yusuf(4)

(1) IAIN Palangka Raya
(2) IAIN Palangka Raya
(3) IAIN Palangka Raya
(4) IAIN Palangak Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari artikel ini adalah tentang pentingnya melestarikan kesenian daerah yang bernafaskan Islam sebagai media dakwah. Kesenian Habsyi merupakan salah satu kesenian Islam yang di dalamnya melantunkan syair-syair dan pembacaan sholawat nabi yang diiringi tabuhan-tabuhan gendang atau rebana. Program inilah yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik IAIN Palangka Raya terhadap suatu komunitas masyarakat remaja di Sukamulya, Kecamatan Bukit Tangkiling Palangka Raya. Tujuan dari pembinaan ini yaitu untuk melestarikan dan mengaktifkan kembali kesenian Habsyi serta pengembangan skill. Adapun metode yang digunakan yaitu service learning (SL). Selama program ini berlangsung, hal-hal yang telah dicapai di antaranya adalah adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan, penambahan dan pembaruan sarana prasana maupun peralatan Habsyi. Berdasarkan hasil program pembinaan remaja dalam pelestarian kesenian Habsyi melalui gebyar nasyid, dapat disimpulkan yaitu melestarikan dan menghidupkan kembali program atau kegiatan kesenian Habsyi, memberikan tambahan wawasan atau pengetahuan, keterampilan  dan pengembangan skill dalam kesenian Habsyi, memberikan tambahan pengetahuan atau wawasan tentang kebudayaan Islam yaitu kesenian Habsyi yang di dalamnya melantunkan syair-syair pujian atau Shalawat, membantu dan melayani dalam menumbuhkan semangat guna melestarikan dan menguatkan kebudayaan kesenian Habsyi, serta diharapkan dapat menciptakan regenerasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wardoyo AS, Wicaksono AP. Perspektif seni dalam islam: pelatihan hadrah pada anak – anak di dusun kalitelon rt 03 rw 04 kaligentong, gladaksari, boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. 2021: 2(9): 53-57. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/448

Ambalegin, Arianto T, Azharman Z. Kampung tua nongsa sebagai tujuan wisata berbasis kearifan lokal budaya melayu batam. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019: 3. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2863

Anggraini R, Ashlihah A, Muhibuddin A. Pelatihan al-banjari untuk meningkatkan semangat kegiatan rutinan malam lailatus sholawat santriwati pondok pesantren bahrul ‘ulum, ribath sabilul huda jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2021: 2(1), 37–42. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1130

Hamdanah H, Surawan S. Remaja dan dinamika: tinjauan psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: K-media; 2022.

Hayuningtyas AR. Hadrah sebagai media dakwah dalam meningkatkan semangat aktivitas keagamaan remaja desa sidodadi kecamatan pardasuka pringsewu. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung. 2018. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5311

Ghozali MDHA, Airlangga P, Taufiqurrohman MA, Fitrianingsih A. Pelestarian budaya islami hadrah desa gondangmanis. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2021: 2(1): 16–20. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimasper/article/view/1149

Imron M, Jalil A, Wahid A, Tinggi S, Islam A, Probolinggo M, Masjid R. Pemberdayaan remaja masjid sebagai kader moderasi beragama. Development. 2022: 1(1), 65–70. DOI: https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.304

Jennah R, Surawan S, Yusuf M. Teacher’s innovation in class management to increase student learning motivation in pandemic era. Insis 2022: 3(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/9675

Karmela SH, Yanto F. Pengenalan seni musik tradisional melayu jambi kompangan dan hadrah untuk menumbuhkan kepedulian budaya lokal. Transformasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 2021: 1(2): 66–77. DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5466

Kementrian Agama. Al-qur’an dan terjemahannya. Kementrian Agama RI; 2019.

Kholisotin I, Minarsih M. Implementasi ekstrakurikuler keagamaan di smkn-1 palangka raya: implementation of religious extracurricular at palangka raya vocational high school 1. Anterior Jurnal. 2018: 18(1): 71–78. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.435

Mustofa I. Praktik service learning manajemen madrasah diniah sebagai laboratorium sosial prodi manajemen pendidikan islam stai darussalam nganjuk. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2019: 3(1): 14-32.

Nimah SM, Amaliati S. Upaya internalisasi nilai pendidikan islam melalui kegiatan banjari ranting ipnu ippnu gresik. An-nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 2022: 1(2): 54-61. https://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/7

Nuraini D. Konseling individual dengan pendekatan behavioral dalam meningkatkan motivasi beragama pada remaja putus sekolah. UIN Banten; 2021. https://repository.uinbanten.ac.id/6365/

Nurkholis A, Septiadi MA. Urgensi seni budaya islam bagi remaja di dusun 01, desa bukit peninjauan ii, kecamatan sukaraja, kabupaten seluma, provinsi bengkulu. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2022: 1(56): 88–97. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1191

Putra IA, Aini AQ, Naajichiyyah L, Fitriyah L. Sosialisasi gerakan literasi bagi siswa di mi roudhotul ulum 1 desa brangkal untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam membaca. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2021: 2(1): 27–31. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1160

Putra YK, Sadali M. Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode participatory learning and action (pla ). Absyara: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 2020: 1(2): 80–86. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Rokhmawan T, Wulandari B, Fitriyah L, Pairiyadi F, Ghonima S, Rofiq A. Pengembangan kegiatan seni dan budaya islami sebagai bentuk kegiatan positif remaja pada masa pandemi. Al-mu’awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat, 2020: 1(2): 23–34. https://doi.org/10.24042/almuawanah.v1i2.8052

Rozi MF, Suhaimi S. Pemberdayaan manajemen remaja masjid dalam meningkatkan ekonomi melalui hadrah banjari di desa ponteh kecamatan galis kabupaten pamekasan. Jurnal Abdimas Indonesia. 2022: 2(1): 9-17. https://doi.org/10.53769/jai.v2i1.171

Surawan S, Mazrur M. Psikologi perkembangan agama: sebuah tahapan perkembangan agama manusia. Yogyakarta: K-media; 2020.

Surawan, Sobari RT. Improving students’ spiritual intelligence through compulsory dormitory program. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal. 2022: 7(1): 43–52. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v7i1.15527

Surawan, Syabrina M, El Bilad CZ, Azmy A. Implementation of character education at madrasahs and integrated islamic schools in central kalimantan. Ta’dib Journal. 2022: 25(1): 19–26. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333

Syamsudduha S, Tekeng SNY. Penerapan service learning dalam pembelajaran matakuliah pedagogik pada kurikulum pendidikan calon guru. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2017: 20(1): 1-17. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a1

Tajudin A, Aprilianto A. Strategi kepala madrasah.dalam membangun budaya religius peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2020: 1(2): 101-110. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34

Waqfin MSI, Roziqin MK, Lilawati E, Nisa K, Qosim N, Wahyudi W. Pelatihan banjari peningkatan seni religius bagi generasai muda melalui pelatihan banjari di desa kepuhdoko tembelang jombang: seni religius banjari. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2021: 2(3): 127–131. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/2125




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12017

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.