PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA SISWA MA MIFTAHUL ULUM PUNTIR
(1) Universitas Yudharta Pasuruan
(2) Universitas Yudharta Pasuruan
(3) Universitas Yudharta Pasuruan
(4) Intitut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
(*) Corresponding Author
Sari
Program pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat siswa dalam berwirausaha, mengembangkan keahlian dalam membangun bisnis dan memanfaatkan pemasaran digital melalui media sosial. Kegiatan ini ditujukan kepada 30 siswa kelas 12 MA Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan. Terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan pengabdian ini, antara lain persiapan, pelaksanaan, pendampingan dan pelatihan, evaluasi, dan pelaporan. Pada tahap persiapan dilakukan pertemuan dengan kepala sekolah terkait identifikasi masalah dan tujuan kegiatan, serta waktu pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan dilakukan seminar wirausaha membangun mindset wirausaha sejak usia dini serta diskusi dengan peserta. Pada tahap pelatihan dilakukan pendampingan pelatihan pembuatan ide bisnis menggunakan Google Trends, Google My Business dan Facebook Page untuk pemasaran digital, serta teknik foto produk dan teknik pembuatan video produk. Pada tahap akhir kegiatan ini dilakukan evaluasi kegiatan berupa testimoni, penugasan dan penilaian. Hasil dari pengabdian ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait pelatihan digital marketing dengan nilai rata-rata 87%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriessa, R. (2021). Fungsi Digital Marketing Pada Kurikulum Sekolah. https://campusdigital.id/artikel/fungsi-digital- marketing-pada-kurikulum-sekolah
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada- 2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Dihni, V. A. (2022). Pengusaha di Indonesia Paling Banyak Lulusan SMA. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/17/pengusaha-di-indonesia-paling-banyak-lulusan-sma
Dwi, Riyanto. (2022). Di Publish oleh Data Reportal https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Firmansyar, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran I. Pasuruan. CV. PENERBIT QIARA ME
Hidayat, T. (2019). Trend Teknologi Revolusi Industri 4.0. Direktorat Sistem Informasi Dan Teknologi. https://unida.ac.id/teknologi/artikel/trend-teknologi-revolusi-industri-40.html#
Karim, A., Bobbi, M., Nasution, K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. 3(2), 115–119. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759
Khawari, N. (2012). Wirausaha, Sebagai Pilihan Selepas Lulus SMA. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/nkhawari/5510b1ee8133118e33bc705a/wirausaha-sebagai-pilihan-selepas-lulus-sma
Kurniawan, A. (2018). 17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya. GURUPENDIDIKAN.Com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-teknologi/
Munarsih, Mada Faisal Akbar, Aris Ariyanto, Ivantan, A. S. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 22–27.
Royle, J. and Laing, A. (2014) ‘The digital marketing skills gap: Developing a Digital Marketer Model for the communication industries’, International Journal of Information Management. Elsevier Ltd, 34(2), pp. 65–73. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2013.11.008
Saleh, R. (2013). Minat Berwirausaha Lulusan SLTA & Sarjana Masih Rendah. BIsnis.Com.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.11976
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.