Menumbuhkan Kreatifitas Berwirausaha Di Kalangan Angkatan Muda Muhammadiyah

Ragil Setiyabudi(1*), Isna Hikmawati(2), Supriyadi Supriyadi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Sari


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sebagai bagian dari Angkatan Muda Muhammadiyah tidak hanya bergerak dalam bidang dakwah keagamaan, pengembangan lingkungan dan dakwah sosial saja akan tetapi juga terdapat  atau pengembangan nilai karakter diri sendiri, penanaman nilai nasionalisme dan kegiatan kewirausahaan.Oleh karena itu diperlukan kegiatan dalam bentuk ceramah interaktif, tanya jawab, dan workshop atau pendampingan atau coaching pembuatan perencanaan bisnis dan evaluasi untuk membentuk karakter wirausaha. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan skor pemahaman tentang kewirausahaan antara sebelum dengan sesudah melakukan ceramah dan tanya jawab sebesar 13,4 poin mengindikasikan evaluasi ceramah dan tanya jawab berjalan dengan baik. Peningkatan skor tersebut berarti menggambarkan peningkatan tentang pemahaman tentang sikap mental wirausahawan, mencari ide dan peluang bisnis, permodalan, penyiapan alat dan bahan produksi, proses produksi, pengemasan, pemasaran dan evaluasi. Hasil pendampingan atau coaching menunjukkan ide wirausaha muncul dari masing-masing kelompok yang kemudian menghasilkan perencanaan bisnis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IMM Komisariat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Cahyani R (2016). Peran Angkatan Muda Muhammadiyah (Amm) Prawirodirjan Dalam Upaya Mengembangkan Karakter Di Wilayah Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dirjen Belmawa Ristekdikti (2013).Kewirausahaan: Modul Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Belmawa Ristekdikti.

Dirjen Belmawa Ristekdikti (2018). Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2018. Jakarta : Dirjen Belmawa Ristekdikti.

Helmi(2019). Efektifitas Metode Coaching Dalam Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II dan III Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur. Jurnal Aparatur, 3(1),1-12.

Maurin H dan Muhamadi SI.(2018). Metode Ceramah Plus Diskusi Dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1 (2), 65-76.

Melati KR.(2017). Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta. Indonesian Journal of Community Engagement, 02(02), 216-234

Program kerja IMM Komisariat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2019-2020.

Purwanto (2006). Diktat Kewirausahaan.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridhuan S (2021). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Produktif Kewirausahaan Dengan Pendekatan 5 W+1h. Jurnal Abdimas 7(2).148-154.

Saragih R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial.Jurnal Kewirausahaan.3(2).26-34

Triyono AJ (2013). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Biologi Melalui Metode Ceramah Plus Tanya Jawab Dan Tugas (CPTT). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 1-9.

Wiratmo M (tt). Kewirausahaan. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Wiyono HD, Ardiansyah T, Rasul T (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha. 1(2).19-25

Zuroidah ZN.(2019).Peran Angkatan Muda Muhammadiyah Dalam Mengembangkan Karakter Masyarakat.Jurnal Civic Hukum, 4(1),85-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.11898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.