IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN JEMBER (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Jember)

Fauzan Fauzan(1*), Nurul Setianingrum(2)

(1) Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyaluran anggaran bagi setiap sekolah di berbagai daerah khususnya Kabupaten Jember. Pendidikan yang berhasil tidak akan pernah tercapai tanpa peran aktif dari pemerintah. Peran yang dimaksud ialah berupa penyaluran sumber dana untuk pembiayaan kebutuhan Pendidikan. Kegiatan ini mencoba mengungkapkan lebih dalam terkait bagaimana implementasi pengelolaan Dana BOS serta pendistribusiannya yang sangat dibutuhkan masyarakat yang bersumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Sedangkan untuk tujuan dari kegiatan ini ialah menjawab permasalahan yang dirumuskan sebelumnya yakni terkait dengan pengelolaan dana Bos guna meningkatkan mutu pendidikan. Adapun khalayak sasaran pada kegiatan ini para pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan melalui teknik wawancara in dept interview ditemukan bahwa Pengelolaan Dana Bos di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember telah dijalankan sesuai peraturan pemerintah dan pada pendistribusiannya tidak terdapat hambatan yang berat. Selain itu, Dinas Pendidikan Jember juga melakukan beberapa upaya guna kelancaran proses pengelolaan Dana Bos seperti pengadaan seminar, workshop, dan program-program lainnya yang sangat bermanfaat dalam hal transparansi, dan kelancaran pengelolaan Dana Bos itu sendiri. Sehingga berdasarkan hal tersebut, masyarakat tidak mengalami kesulitan dan merasa sangat puas baik dalam hal pelayanan ataupun dari segi pembimbingan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulya, C. Implementasi pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan dana bos dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review. 2019: 3.2: 149-154.

Yanti, NLT. Penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana bos di smp n 3 sukawati dalam progam rkas. Hita Akuntansi dan Keuangan. 2021: 2(3): 139-151.

Yusup, M. Manajemen penganggaran dalam islam teori & aplikasi. Mataram: Sanabilpublising; 2019.

Rahayu A, Setianingsih EL. Pengawasan dana bantuan operasional sekolah (bos) untuk sekolah dasar (sd) di dinas pendidikan kabupaten temanggung. Journal of Public Policy and Management Review. 2017: 6(2): 226-239.

Iskandar J. Implementasi sistem manajemen keuangan pendidikan. Idaarah: 2019: 3(1): 114-123.

Satriadi D. Kualitas pelayanan publik sektor pendidikan (studi pelayanan program dana bos tingkat sma pada dinas pendidikan kota tanjungpinang). Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang. 2018:2(1): 28-39.

Asrol LD, Yahya H. Penerapan pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan dana bos dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Ability: Journal of Education and Social Analysis. 2022: 79-89.

Asqolani. Mengukur akuntabilitas dana bantuan operasional sekolah. Journal of Applied Managerial Accounting. 2022: 6(1): 59-80.

___. Bantuan operasional sekolah, komitmen pemerintah untuk pendidikan nasional. Direktorat Sekolah Menengah Pertama, 16 februari 2021. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/bantuan-operasional-sekolah-komitmen-pemerintah-untuk-pendidikan-nasional/.

___. Ribuan kepala sekolah di jember ikuti sosialisasi sosialisasi pengelolaan bos. Pemerintah Kabupaten Jember, 22 februari 2023, https://www.jemberkab.go.id/ribuan-kepala-sekolah-di-jember-ikuti-sosialisasi-sosialisasi-pengelolaan-bos/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.11188

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.