PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT ASAM URAT DI APOTEK MALANG RAYA MELALUI MEDIA ONLINE

FX Haryanto Susanto(1), Chresiani Destiana Yoedistira(2), Sultan Arif Rahmadianto(3), Rokiy Alfanaar(4), Muhammad Hilmi Afthoni(5*)

(1) Prodi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ma Chung
(2) Prodi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ma Chung
(3) Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ma Chung
(4) Prodi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangkaraya
(5) Prodi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ma Chung
(*) Corresponding Author

Sari


Asam urat adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh diet dan konsumsi makanan yang tinggi di purin konten yang mengakibatkan adanya ketidakseimbangan antara masuknya purin dan kemampuan tubuh untuk metabolisme mereka, penumpukan asam urat menyebabkan sebuah kristal di sendi. Pandemik yang telah berakibat pada pembatasan covid-19 tentang penyelenggaraan penyuluhan membuat keberadaan media online dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk penyuluhan. Metode pelaksanaan padapengabdian ini adalah dengan metode pengambilan survei dari partisipan komunitas kesehatan pada apotek patimura, Apotek Madyopuro, dan Apotek sehat di Malang. Peningkatan pengetahuan asam urat dengan media video berhasil dan dapat memberikan hasil baik, dibuktikan dengan peningkatan hasil pengetahuan yang berbeda signifikan secara statistik. Untuk pengembangan pengabdian masyarakat dapat dilakukan pada area yang lebih luas dan variasi materi yang berbeda.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Du J, Zhu B, Chen X. Urine for plasmonic nanoparticle-based colorimetric detection of mercury ion. Small. 2013: 9(24): 4104–4111.

Kurniawan F, et al. Electrochemical sensor based on single-walled carbon nanotubes-modified gold electrode for uric acid detection. Journal of the Electrochemical Society. 2018: 165(11): B515–B522.

Songgigilan AM, Rumengan I, Kundre R. Hubungan pola makan dan tingkat pengetahuan dengan kadar asam urat dalam darah pada penderita gout artritis di puskesmas ranotana weru. Jurnal Keperawatan. 2019: 7(1): 1–8.

Sueni, Haniarti, Rusman ADP. Analisis penyebab faktor resiko terhadap peningkatan penderita gout (asam urat) di wilayah kerja puskesmas suppa kecamatan suppa kabupaten pinrang. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan. 2021: 4(1): 1–9.

Yoedistira CD, Afthoni MH, Alfanaar R. Silver nanoparticle based alcohol sensor manufacturing training for detection of halal drinks. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang. 2021: 6(4): 613–619.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.11131

Refbacks



Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.