PENYULUHAN PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA INTERNET MARKETING

Dwi Sukma Donoriyanto(1*), Erwan Adi Saputro(2), Endang Pudji Widjajati(3), Rus Indiyanto(4), Moch Tutuk Safirin(5)

(1) Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(2) Prodi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(3) Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(4) Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(5) Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Sari


Desa Kembangbelor merupakan salah satu Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Sebagian masyarakat di Desa ini berprofesi sebagai petani. Salah satu komoditas yang dihasilkan yaitu ubi jalar. Sayangnya usaha untuk memasarkan produk olahan ubi jalar belum dibarengi dengan strategi pemasaran melalui internet karena kurangnya tingkat pemahaman dalam menggunakan aplikasi Facebook. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan penggunaan Facebook sebagai media internet marketing kepada pelaku usaha produk olahan ubi jalar di Desa Kembangbelor. Metode yang digunakan adalah survei, penyuluhan dan evaluasi (obersvasi dan wawancara). Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta telah mampu menggunakan fitur-fitur yang ada di facebook seperti facebook ads, marketplace, page, messenger, beranda, status, dan grup.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. Kecamatan Pacet dalam Angka Tahun 2016. Mojokerto; 2016

Kotler P. Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Airlangga; 2007.

Machfoedz M. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu; 2010.

Moyer J. Postharvest disease management for sweet potatoes in Sweet Potato: Proceedings of the First International Symposium Shanhua (Taiwan). Shanhua: Asian Vegetable Research and Development Center; 1982 pp. 177–184.

Nielsen.com. How social media impacts brand marketing, Nielsen.com; 2010. Available at: http://blog.nielsen.com/nielsenwire/consumer/how-social-media-impactsbrand-marketing/.

Soetanto E. Membuat Keripik Ubi Jalar Rasa Gadung. Yogyakarta: Kanisius; 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.11057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.