PELATIHAN MODEL PENANAMAN HIJAUAN TIGA STRATA PADA PONPES RAUDHATUT THALIBBIN KAB. HSU DALAM PENYEDIAAN PAKAN KAMBING SEPANJANG TAHUN

Danang Biyatmoko(1*), Untung Santoso(2), Tintin Rostini(3)

(1) Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Introduksi penanaman hijauan model  Tiga Strata saat ini banyak dikembangkan pada peternakan ternak kambing, melalui penanaman kombinasi rumput unggul dan legum yaitu rumput unggul (odot) di Strata-1, legum (turi, gamal) di Strata-2, serta penanaman legum nangka di Strata-3 yang menjamin ketersediaan pakan sepanjang tahun bagi ternak. Mitra kegiatan adalah Ponpes Raudhatut Thalibbin, Tayur Kab. HSU.  Permasalahan yang muncul di unit usaha kambing ponpes adalah :  a. pakan hijauan kambing yang diberikan berkualitas rendah hanya terdiri rumput lapang, b. pertambahan bobot kambing masih rendah tidak mencapai target, c. Kurang efisien karena membutuhkan waktu pemeliharaan lebih panjang untuk mencapai target bobot panen antara 35-40 kg/ekor, dan d. Keuntungan unit usaha tidak maksimal.  Lokasi mitra ponpes berjarak 155 km dari Fakultas Pertanian ULM.  Tujuan dalam kegiatan ini adalah Menjamin sediaan hijauan ternak kambing sepanjang tahun yang mampu digunakan sebagai pakan penggemukan (feed lot) pada kambing,sehingga dapat mengurangi biaya operasional pakan konsentrat kambing yang harus dibeli ponpes dan  dapat Meningkatkan konsumsi pakan kambing karena meningkatkan palatabilitas pakan, akibat kombinasi pakan rumput dan leguminosa yang ditanam.  Metode Pelaksanaan  meliputi sosialisasi kegiatan, pelatihan, demplot kebun, pendampingan dan monitoring evaluasi.  Hasil kegiatan menunjukkan  bahwa pelatihan teknis penanaman hijauan model Tiga Strata antusia diikuti para santri, local expert dan anggota BPUP Ponpes dengan tingjkat kehadiran 100%, peningkatan pemahaman menjadi 90%, peningkatan keterampilan teknis menanam menjadi 86% dan partisipasi dalam demplot mencapai 95%. Sedangkan  kegiatan demplot diikuti  peserta santri dan BPUP mampu menyelesaikan dari tahapan awal pengolahan lahan hingga penanaman bibit tanaman di strata-1 (rumput), strata-2 (turi , gamal) dan strata-3 (nangka. Semua hijauan di tiga strata berkembang dengan subur dan baik.  Kontribusi hijauan pada ternak potong kambing boer menunjukkan hasil menggembirakan, dimana kambing mampu di panen dan dijual pada bobot pasar antara 35-40 kg dengan memperpendek masa pemeliharaan 20 bulan,  pertumbuhan harian mencapai 132 g/ekor dengan peningkatan pendapatan peternak. Disimpulkan bahwa kegiatan penanaman model Tiga Strata ini mampu memperbaiki kualitas hijauan ternak, meningkatkan bobot kambing lebih cepat dan pendapatan unit usaha Ponpes mitra kegiatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, S. Pedoman Teknis Perluasan Areal Kebun Hijauan Makanan Ternak.Kementrian Pertanian, Jakarta.

Azmi dan Gunawan. 2007. Usaha tanaman-ternak kambing melalui sistem integrasi.Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu, Bengkulu. Seminar NasionalTeknologi Peternakan dan Veteriner. Hal:523-531.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kalimantan Selatan Dalam angka. BPS Kalsel

Biyatmoko, D., T. Rostini, U. Santoso, A. Y.N. Siliwandi, L.A. Sofia dan R. Yuliani. 2021. Program Pembuatan silase ransum komplit bernutrisi tinggi di pondok pesantren Al Islam Kabupaten Tabalong dan pondok pesantren Raudhatut Thalibin Tayur Kabupaten HSU. Program Matching Fund Kemendikbud kerjasama ULM-PT Adaro- Kemendikbud Tahun 2021.

BPTP. 2011. Budidaya Hijauan Makanan Ternak. Lembang, Jawa Barat.

Direktorat Pakan Ternak. 2011. Pedoman Umum Pengembangan Lumbung Pakan Ruminansia. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Hasnudi., S. Umar., dan I. Sembiring. 2004. Kumpulan Konsep Sumbang Saran Untuk Kemajuan Dunia Peternakan Di Indonesia. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Nitis, I.KM., K. Lana., dan A. W. Puger. 2000. Pengalaman pengembangan tanamanternak berwawasan lingkungan di Bali. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Seminar NasionalSistem Integrasi Tanaman-Ternak. Hal: 44-52

Nitis, I., K. Lana., dan A. W. Puger. 2000. Pengalaman pengembangan tanaman ternak berwawasan lingkungan di Bali. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Seminar NasionalSistem Integrasi Tanaman-Ternak. Hal: 44-52.

Rostini T, Abdullah L, Wiryawan KG, Karti PM. 2014. Produktion and nutrition potency of swamp lokal forage in sout kalimantan as rumian feed. Global journalbof Animal Science. Vol 2(2) : 107-113.

Rostini T, Zakir M. Dan Hidayah RE. 2018. Peningkatan Produktivitas Kambing di Kelompok Ternak Kambing Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Jurnal Al-ikhlas Vol 3(1) : pp. 22-29




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.10866

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.