PEMANFAATAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS SUMUR SERAPAN SISA MAKANAN (SUSAN) SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DI DESA MENGESTA TABANAN - BALI

I Wayan Sukadana(1*), Cok Istri Kartika Cahyani(2)

(1) Prodi Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
(2) Prodi Akuntansi, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
(*) Corresponding Author

Sari


Di zaman sekarang sampah merupakan salah satu masalah yang memerlukan perhatian untuk segera dituntaskan. Secara   umum jenis sampah dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu sampah organik/basah dan sampah anorganik/kering. Sampah organik adalah sampa h yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai. Sampah organik ini dapat berupa sampah rumah tangga seperti dedaunan, sisa makanan, sisa sayuran, buah busuk, dan rerumputan. Sedangkan Sampah anorganik adalah sampah yang sudah tidak dipakai lagi dan sulit terurai. Contohnya seperti botol plastik, kaleng bekas, kaca, karet dan kresek. Sampah- sampah ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan permasalahan yang serius seperti banjir, tercemarnya air tanah , menceramari sungai, dan mencemari udara. Maka dari itu, hal ini harus segera ditanggulangi dengan melakukan pemanfaatan sampah rumah tangga berbasis SUSAN. SUSAN sendiri merupakan kepanjangan dari sumur serapan sisa makanan dimana SUSAN ini memiliki definisi lubang di permukaan tanah dengan kedalaman bervariasi antara 1-4 meter, diameter tergantung seberapa besar potensi sisa makanan. Cara kerja SUSAN ini yaitu dengan memcacah kecil sampah organik kemudian dimasukan ke dalam lubang SUSAN selanjutnya lubang tersebut ditutup kembali. Hingga 1-2 bulan pupuk telah siap untuk digunakan. Dengan menggunakan metode SUSAN ini dampak yang dihasilkan sangat banyak seperti hemat tempat, tanah di sekitar lubang SUSAN ini akan subur, kemudian pupuknya bisa diberikan pada tanaman dan bisa membantu mengurangi jumlah sampah yang tidak terolah sehingga mampu mengurangi dampak negatif dari adanya proses pengolahan sampah yang keliru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiruddin M, Adam RP. Pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga di desa labuan. Pengabdian Pada Masyarakat, 2018: 7: 77.

Dwiyana PIMO, Sugiartha ING, Suryani LP. Pengelolaan sampah plastik rumah tangga dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan (study di lingkungan kelurahan pedungan kecamatan denpasar selatan kota denpasar). Jurnal Konstruksi Hukum. 2021: 2(1): 86–91.

Gesriantuti N, Elsie E, Harahap I, Herlina N, Badrun Y. Pemanfaatan limbah organik rumah tangga dalam pembuatan pupuk bokashi di kelurahan tuah karya, kecamatan tampan, pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI. 2017: 1(1), 72–77.

Mulyani R, Anwar DI, Nurbaeti N. Pemanfaatan sampah organik untuk pupuk kompos dan budidaya maggot sebagai pakan ternak. JPM Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 2021: 6(1): 568–573.

Nur T, Noor AR, Elma M. Tangga dengan penambahan bioaktivator em 4 (effective microorganisms). Konversi, 2016: 5(2): 5–12.

Roidah IS. Manfaat penggunaan pupuk organik untuk kesuburan tanah. Jurnal Bonorowo. 2013: 1(1): 30–43.

Hamdiani S, Ismillayli N, Kamali SR. Pengolahan mandiri limbah organic rumah tangga untuk mendukung pertanian organic lahan sempit. Processing. 2018: 13(2): 75383.

Tanah BP, Tentara J, No P, Email B. Peranan pupuk organik dalam peningkatan produktivitas tanah dan tanaman. Jurnal Sumberdaya Lahan. 2015: 9(2): 107–120.

Taufiq A, Maulana FM. Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan. 2015: 4(1), 68–73.

Harlis, Yelianti US, Budiarti R, Hakim N. Pelatihan pembuatan kompos organik metode keranjang takakura sebagai solusi penanganan sampah di lingkungan kost mahasiswa. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2019: 1(1): 1–8.

Vivin AIWS. Utilization and processing of plantago major herbal plants into herbal tea products in pedungan; 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.10857

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.