PENYUSUNAN KALENDER TANAM DAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU PADA BUDIDAYA TANAMAN PAKCOY

Ilhamiyah Ilhamiyah(1*), Aam Gunawan(2), Fuzi Maulana Ash'ari(3), Akhmad Gazali(4)

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Penyusunan kalender tanam dan Pengelolaan Hama Terpadu pada budidaya tanaman  pakcoy perlu dikelola dengan baik sehingga produk pakcoy di pasaran tidak melimpah.    Kalau produksi pakcoy melimpah maka harga akan turun dan petani akan mengalami kerugian karena produk pertanian tidak tahan lama dan mudah busuk.  Hal tersebut dapat disebabkan karena perencanaan waktu tanam, luas tanam dan periode tanam yang kurang tepat. Pengendalian Hama Terpadu (PHT) adalah suatu konsepsi atau cara berpikir mengenai pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dengan pendekatan ekologi yang bersifat multidisiplin untuk mengelola populasi hama dan penyakit dengan memanfaatkan beragam taktik pengendalian yang kompatibel dalam suatu kesatuan koordinasi pengelolaan.  PHT merupakan suatu sistem pengendalian yang menggunakan pendekatan ekologi, maka pemahaman tentang biologi dan ekologi hama dan penyakit menjadi sangat penting.  Solusi dari permasalah mitra tersebut adalah 1) Penyusunan kalender tanam dengan cara memberikan pengetahuan dan teknologi pembuatan kalender tanam pakcoy;  2) Memberikan pengetahuan tentang Pengendalian Hama Terpadu melalui budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh alami, pengamatan rutin dan pemantauan serta petani sebagai ahli PHT.  Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta mendapatkan pengetahuan dan mampu menyusun kalender tanam sayuran;  paham dan menerapkan  Pengendalian Hama Terpadu. Simpulan dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan tentang kalender tanam sayuran dan Pengendalian Hama Terpadu.pada tanaman pakcoy.  Peserta secara berkelompok sudah mampu menyusun kalender tanam sayuran dan sudah memahami Pengendalihan Hama Terpadu pada budidaya  tanaman pakcoy.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahri, A., Syuryati, A.. Yulfida Dan R. Yusuf. 2019. Penerapan Sistem Informasi Kalendar Tanam ( Si Katam) Mendukung Peningkatan Indeks Pertanaman Padi Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Dinamika Pertanian Edisi Khusus Nomor 3 : 1–8.

Indiati, S.W., M. Marwoto. 2017. Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (Pht) Pada Tanaman Kedelai. Buletin Palawija, 15(2).

Mardilla, M , A. Pratiwi. 2021. Budidaya Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa Subsp. Chinensis) Dengan Teknik Vertikultur Pada Lahan Sempit Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(1).

Pamungkas, R.T., Achdiyat & T. R. Saridewi. 2020. Tingkat Adopsi Petani Dalam Penerapan Pengendalian Hama Terpadu Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Di Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3).

Runtunuwu, E., H. Syahbuddin, F. Ramadhani, A. Pramudia, D. Setyorini , K. Sari, Et Al. 2012. Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu: Status Terkini Dan Tantangan Kedepan. Jurnal Sumberdaya Lahan, 6 (2)., 67-78.

Salaki, C. L., S. Dumalang. 2017. Pengendalian Hama Terpadu (Pht) Pada Tanaman Sayuran Di Kota Tomohon Sulawesi Utara. Indonesian Journal Of Community Engagement, 2(2).

Sarido, L., Dan Junia. 2017. Uji Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Pada System Hidroponik. Jurnal Agrifor, 16(1).

Setiapermas,M.N. 2019 Verifikasi Kalender Tanam Terpadu Dan Sumber Air Irigasi Di Kabupaten Boyolali. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian Uns, 3(1).

Untung, K. 2013. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu (Edisi Kedua). Cetakan Keenam. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

BPTP Balitbangtan. 2022. Kalender Tanam Terpadu (Katam), Sistem Informasi Petani Modern Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.10391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.