SOSIALISASI BAHAYA ROKOK DALAM RANGKA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENGEMBANGAN NILAI INTELEKTUAL, KARAKTER DAN SPIRITUAL DI KARANG TARUNA REMAJA MANDIRI WILAYAH BONG KELURAHAN MELAYU, BANJARMASIN

Antoni Pardede(1*), Rr Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Herlina Apriani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Rokok sudah sangat umum dikenal dikalangan masyarakat dan dianggap sebagai gaya hidup berinteraksi yang modern terutama bagi remaja. Upaya untuk meningkatkan pemahaman akan bahaya rokok belum intensif dilakukan, oleh karenanya kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan pemahaman akan hal tersebut dengan pendekatan pengembangan nilai intelektual, karakter dan spiritual di kalangan remaja. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti metode yang meliputi observasi dan pemberian materi sosialisasi beserta dengan angket respon terhadap kegiatan yang dilakukan di karang taruna remaja mandiri wilayah Bong kelurahan Melayu, Banjarmasin. Proses penyampaian materi sosialisasi mencakup deskripsi rokok, kimia rokok dan bahayanya bagi kesehatan serta bahasan pengembangan intelektual, karakter dan spiritual. Berdasarkan angket yang diberikan kepada khalayak sasaran didapatkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan, menambah dan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan akan bahaya rokok terhadap kesehatan. Pendekatan yang dilakukan telah memberikan sikap positif bagi remaja di karang taruna remaja wilayah Bong dengan menggalakkan generasi yang sadar akan bahaya rokok menyonsong kehidupan dengan intelektual, karakter dan spiritual yang baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lorensia, A. Yudiarso A, , Herwansyah F. R. 2017. Persepsi, Efektifitas Dan Keamanan Penggunaan Rokok Elektrik (E-Cigarette) Oleh Perokok Aktif Sebagai Terapi Dalam Smoking Cessation: Mixed Methods Dengan Pendekatan Studi Kuantitatif Dan Kualitatif. Journal of tropical Pharmacy and Chemistry. 4(2):66-78.

Mufida, N., dan Isni, K. 2022. Pengaruh edukasi bahaya merokok terhadap tingkat pengetahuan masyarakat di dusun kandangan 02/03, margodadi, seyegan, sleman. Insan Cita, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gorontalo 4(2):1-8.

Munir, S.M., Lasmaria, R., Zahtamal. 2020. penyuluhan kesehatan tentang bahaya merokok terhadap risiko terjadinya kanker paru serta upaya yang dilakukan untuk deteksi dini kanker paru di kelurahan sialang sakti kecamatan tenayan raya kota pekanbaru. Journal of Rural and Urban Community Empowerment. 2(1): 9-14.

Nurmiyanto, A dan Rahmani, D. 2013. Sosialisasi bahaya rokok guna meningkatkan kesadaran masyrarakat akan besarnya dampak burukrokok bagi kesehatan. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 3(2):224-232.

Nururrahmah. 2014. Pengaruh rokok terhadap kesehatan dan Pembentukan karakter manusia. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Karakter. 1(1):77-84.

Soetiarto, F. 1995. Mengenal lebih jauh rokok kretek. Media Litbangkes. 5(4):31-33.

Tirtosastro, S dan A. S. Murdiyati. 2010. Kandungan Kimia Tembakau dan Rokok. Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri. 2(1):33-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.10183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.