HUBUNGAN ANTARA IKLAN ONLINE DENGAN MINAT BELI KONSUMEN

Muzahid Akbar Hayat(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


The development of information technology has created a new media communications for the world of marketing communication with the emergence of Internet and website. Some companies take advantage of these developments add to the lines of communication, especially in the advertising area was made offline into online. Telkom Speedy is placing the ads at detik.com. whether these changes will affect the interests of consumers to buy a products.

 Based on the results of the research, between online advertising and has a medium interest in buying relationships that are positive and linear, online advertising has on the buying interest and have several other factors that affect the both variable television ads, brochures and direct marketing, the two variables of effect between the one with the other.

 Keywords: online advertising, internet, website, buying interest

 Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menciptakan suatu media komunikasi baru bagi dunia komunikasi pemasaran yaitu dengan adanya kemunculan internet dan website. Beberapa perusahaan memanfaatkan perkembangan tersebut dengan menambah jalur komunikasi terutama dalam bidang iklan yang tadinya dilakukan secara offline menjadi online. Salah satunya adalah Telkom speedy yang menempatkan iklannya didetik.com. perubahan tersebut apakah akan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk.

 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, antara iklan online dan minat beli memiliki tingkat hubungan yang sedang dan linear positif, iklan online memiliki pengaruh terhadap minat beli dan terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi kedua variabel tersebut yaitu iklan televisi, brosur dan pemasaran langsung, kedua variabel saling berpengaruh antara satu dengan yang lainnya.

Kata Kunci: iklan online, internet, website, minat beli


Teks Lengkap:

60-74 PDF

Referensi


Akbar, Ali. Kamus Praktis Internet. Semarang: Neomediapress, 2006.

Belch E. George dan Michael A. Belch. Advertising and Promotion an Integrated Marketing Communications Perspective, sixth edition. New York: McGraw−Hill Companies, 2003.

Copley, Paul. Marketing Communication Management concepts, Theory, Cases & Practices. Elsevier Science & Technology Books, 2004.

Durianto, Darmadi. Strategi menaklukan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2001.

Husein, Umar. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, edisi millenium, jilid 2. Jakarta:

Prenhallindo, 2002.

Lamb, Hair, Mc-Daniel, Pemasaran, Edisi Pertama (terjemahan Oetarevia). Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Morrisan, Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu.Jakarta: Ramdina Prakarsa, 2007.

Prasisto, Arif. Statistik Menjadi Mudah Dengan Spss 20. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009

.

Sugiono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2001.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Supriyanto, Aji. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: salemba infotek, 2005.

Suyanto, M. Strategi Periklanan pada e-commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Zein, Badudu. et. All. Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001.

SUMBER LAIN

Internet

http://www.internetworldstats.com/stats.htm, Kamis 23 Februari 2012, 14:47

http://www.apjii.or.id/dokumentasi/statistik.php?lang=ind, Kamis 23 Februari 2009, 11:17

http://www.solvingcorner.com/2009/04/21/pengantar-online advertising/,

Senin, 5 Maret 2009, 23:26

http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/04/01/12525651/Telkom.Luncurkan.

Speedy.Beda.Kecepatan.., Rabu 7 Maret 2012, 07:23

http://infoiklan.detik.com/?fuseaction=home.service, Kamis 15 Maret 2012,

:02

http://www.detik.com/, Kamis 15 Maret 2009, 12:30




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v1i1.1792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International