PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERI UMPAN BALIK GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN)

Sucahyo Mas Al Wahid(1*), Hegen Dadang Prayoga(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan pendampingan yang mampu meningkatkan keterampilan mengajar terutama pada aspek memberi umpan balik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman kabupaten sidoarjo setelah diberikan pendampingan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action reseach).Tindakan dalam penelitian ini yaitu, 1.Pemberian tayangan video keterampilan memberi umpan balik pada data primer, 2.Pendampingan perekaman dan diskusi hasil dilapangan, 3.Refleksi. Subjek dari penelitian ini ada 4 Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Data hasil dari penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan memberi umpan balik pada 4 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yaitu: (1) SDN Sepanjang I sebelumnya mendapatkan nilai 2 menjadi 5, (2) SDN Ketegan I sebelumnya mendapatkan nilai 2 menjadi 5, (3) SDN Trosobo I sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 2, (4) SDN Kramat Jegu II sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 2. Rata- rata pre-test 1 dan rata-rata post-test 3.5. Berdasarkan perhitungan statistik diketahui bahwa nilai 8.70 >  2.35 sehingga dapat disumpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test,dimana nilai pre-test lebih rendah dibandingkan dengan nilai post-test. Kesimpulan dalam penelitian ini setelah dilakukan tindakan pendampingan melalui data primer yaitu pemberian tayangan video pembelajaran, diskusi penilaian angket guru terutama dalam aspek keterampilan mengajar memberi umpan balik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta melakukan perekaman dan refleksi.Dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

 

Kata Kunci: Memberi Umpan Balik; Guru; Tindakan Pendampingan.


Kata Kunci


Penelitian Tindakan Kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Buku 1 Penulis

Hamalik, Oemar. (2003).Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku 2 Penulis

Maksum, Ali. (2012). Metodelogi Penelitian dalam Olahraga.Penerbit: Unesa University Press.

Buku 3 Penulis

Mahardika, I. Made. S. (2010). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Penerbit: Unesa University Press- 2010 ix, 301 hal., Illus, 28.

Laporan akhir dana hibah

Suroto dan Khory, D.F. (2013).Peningkatan Keterampilan Mengelola Pembelajaran Aktif melalui Pendekatan Lesson Study (Studi pada Guru Penjasorkes SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo). (laporan akhir) Surabaya : LPPM Unesa.

Artikel Jurnal / Ensiklopedi

Afshari, Mojgan., Bakar, A. K., Luan, W. S., Samah, B. A., Fooi, F. S. (2009). Factors Affecting teachers’ Use of Information and Communication Technology. January 2009. Vol.2, No.1

Hattie,J, and Timperley, H. (2007). Review of Educational Research.University of Auckland March 2007, Vol. 77, No. 1, pp. 81–112.

Handler, Beth.(2010). Teacher as Curriculum Leader.University of Wisconsin-Madison, Wisconsin, U.S.A. Volume 3, Number 3, Winter.

Kemmis, Stephen, in Geoffrey E. Mills. Action Research: A Guide For The Teacher Researcher (New Jersey: Prentice-Hall, 2010)

Khatri, R. (2013). “Feedback, Student Collaboration, and Teacher.”Support ESL Instructur at the University of Regina, Canada Volume 2, Nomer 2.

Kilic Abdurrahman. (2010). Learner-Centered Micro Teaching in Teacher Education. Assoc. Prof., Duzce University, Education Science,Turkey. International Journal of Insturction. Vol, 3.No.1.

Kimm and Swanwick.(2009). Clinical Teaching Made Easy.British Journal of HospitalMedicine, March 2009, Vol 70, No 3.

Kiser, K. (2002). Is Blended Best? E-Learning, 3(6), 10. Journal Of Information Technology Education. Vol. 6,

Marold, K., & Haga, W. (2003).The Emerging Profile of the on-line Learner: Relating Course. Performance with Presents, GPA, and other Measures of Achievement. Proccedingsof the Information Resource Management Association (IRMA) Conference (pp. 248-251). Journal Of Information Technology Education. Vol. 6,.

Milis, Iwona. (2007). Importance of face to face Interaction.Victoria University, Melbourne, Australia. Journal Of Information Technology Education. Vol. 6,.

Sudijandoko, Andun. (2010). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 7, Nomor 1,.

Vishwanath Bite and Madhuri Bite. (2012). The Criterion : Managerial Skill for Teacher. An International Journal in English. Vol. III, Issue III.

Yen, Tan Sin and Halili, S. H. (2015).Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning. Vol. 3, Issue 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.