PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KOTA BANJARBARU

Endang Pratiwi(1*), Amalia Barikah(2), Helen Purnama Sari(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan bermain dengan menggunakan alat  yang sederhana dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Kota Banjarbaru yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 22 siswa atau 64,71% dengan nilai rata-rata 75,26. Pada siklus dua mencapai 29 siswa atau 85,29 % dengan nilai rata-rata 77,04. Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lari cepat.  Disimpulkan bahwa pendekatan bermain dengan menggunakan alat yang sederhana efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari cepat pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kota Banjarbaru Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan pendekatan permainan ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

 


Kata Kunci


Atletik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


T. Stringer, Ernest (Ernie). (2007.)Action Research. California: SAGE Publications,

Anwarudin, Sahadi.( 2011) Latihan Dasar Atletik. Jakarta Timur: PT. Wadah Ilmu,.

Djumidar A. Widya, Mochamad.( 2004.) Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Furqon, H M. Mendidik Anak Dengan Bermain. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2006.

Hosnan, M.( 2014.) Pendekatan Santifik dan Konstektual Dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia,

Suherman, Adang, Yudha M. Saputra, dan Yudha Hendrayana.( 2006.) Pembelajran Atletik pendekatan Permainan dan Kompetisi. Jakarta: Cendika,

Sukardi, M.( 2012.) Metode Penelitian Pendidikan Tindakan. Yogyakarta: Bumi Aksara,

IAAF level 1.( 2001). Pedoman Mengajar Lari, Lompat, Lempar. Development Programme.

Saputra, Yudha M.( 2008.) Dasar-dasar Ketrampilan Atletik. Jakarta: DEPDIKNAS, Direktorat

Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jendral Olahraga,

Suherman, Adang, Yudha M. Saputra, dan Yudha Hendrayana.( 2006.) Pembelajran Atletik pendekatan Permainan dan Kompetisi. Jakarta: Cendika,

Sukardi, M.( 2012.) Metode Penelitian Pendidikan Tindakan. Yogyakarta: Bumi Aksara,

Syaodih Sukmadinata, Nana.( 2010.) Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Syarifudin, Aip. (1992.)Atletik. Jakarta:DEPDIKBUD, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan,

Endang Pratiwi, (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain (SD Kelas V) Rawamangun, Tesis,Jakarta; Universitas Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.