PENGARUH MEDIA DART BOARD TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Novianti Novianti(1*), Okviyoandra Akhyar(2), Mohan Taufiq Mashuri(3)

(1) Universitas Islam kalimantan
(2) Universitas Islam kalimantan
(3) Universitas Islam kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data uji mann whitney u dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai sig sebesar 0,039 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid.

Kata Kunci


Dart board, minat belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adodo, S.O. & Gbore, L. O.(2012). Prediction of Attitude and Interest of Science Students of Different Ability on Their Academic Performance in Basic Science. International Journal of Psychology and Counselling, 4(6): 68-72.

Aquariza, N. R. & Saputri, T. (2017). PPM Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik Pengenalan Dart Board sebagai Media Belajar Kosakata Bahasa Inggris. 1(2): 97-103.

Cahyani, N. A. P., Bariyyah, K. & Latifah, L. (2017). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1):22-27.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanti & Wiyarsi, A. 2017. Analisis Minat Belajar Kimia SISwa Kelas XI SMK Negeri 1 Temon. Makalah disajikan pada seminar nasional kimia UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Listiani, D & Prihatnani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Math bagi Siswa Kelas VII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 21-33.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, P. M. & Sukanti. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8:1-17.

To’at, A. & Hidayah, F. F. . Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Kimia terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XII IPA di MAN 1 Semarang. Makalah disajikan pada seminar nasional pendidikan, sains dan teknologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Universitas muhammadiyah semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i2.1580

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari