STUDI FENOMENOLOGI RESPON BERDUKA AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA PADA REMAJA DI SMPN 5 JAHAB TENGGARONG KUTAI KARTANEGARA

Rusdi Rusdi(1*), Edy Mulyono(2), Sheela Christina(3), Linda Dwi Novial Fitri(4)

(1) STIKes Wiyata Husada Samarinda
(2) STIKes Wiyata Husada Samarinda
(3) STIKes Wiyata Husada Samarinda
(4) STIKes Wiyata Husada Samarinda
(*) Corresponding Author

Sari


Proses perceraian dimulai dengan suatu periode konflik perkawinan dengan lama dan intensitas beragam, diikuti oleh perpisahan, perceraian sebenarnya secara hukum, dan pembentukan kembali pengaturan kehidupan yang berbeda. Perceraian akan berdampak mendalam bagi seluruh anggota keluarga.  Salah satu individu yang terkena dampak perceraian yaitu anak dalam keluarga. anak remaja yang mengalami perceraian orang tua merasakan
kehilangan dan perasaan berduka yang sangat mendalam sama berdukanya ketika kehilangan orang tua karena meninggal.  Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Respon berduka akibat perceraian orang tua pada remaja. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Informan dalam penelitian ini 4 orang remaja. Pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil analisa data berupa tema yang disusun berdasarkan memo dan proses coding. Hasil : hasil wawancara dengan informan menghasilkan tiga tema 1) Pengetahuan remaja tentang perceraian orangtua, 2) Sikap remaja yang orangtua bercerai, 3) Respon remaja setelah orangtua bercerai. Kesimpulan : bentuk respon yang dialami remaja akibat perceraian orangtua berupa respon afektif.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v5i2.1657

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.