BERDAYA LEWAT RUMPUT LAUT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Irma Safni(1*)

(1) Karyawan CSR PT.Pupuk Kaltim
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Kondisi geografis yang demikian, membuat laut memiliki peran penting dalam mengantar kemajuan suatu negara melalui potensi yang dimiliki. Jika potensi atau kekuatan laut mampu diberdayakan, tentu akan memberi dampak positif khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar pesisir. Salah satu kota di Indonesia yang berada di daerah pesisir adalah Kota Bontang. Kota ini memiliki luas wilayah yang sebagian besar dikelilingi lautan kurang lebih sekitar 70 persen dan 30 persennya adalah daratan. Dengan karakteristik luasnya wilayah perairan tersebut, Kota Bontang menyimpan potensi sumberdaya pesisir cukup melimpah yaitu rumput laut. Potensi rumput laut yang dimiliki ini akan menjadi sia-sia, jika tidak ada upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Untuk itu, dalam banyak hal peran pemerintah dan perusahaan kemudian menjadi sangat dibutuhkan dalam upaya memberdayakan masyarakat pesisir melalui potensi rumput laut.   

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Rumput Laut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Stanis, Stefanus, 2005. Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal di Kabupaten Lembata Propinsi NTT. Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai. Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang. Tesis.

Suharto, Edi. 2009. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri : Memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Cetakan Kedua. Bandung. ALFABETA

Nikijuluw, Victor, 2001. Populasi dan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir serta Strategi Pemberdayaan Mereka Dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu. (Makalah pada Pelatihan Pengelolaan Pesisir Terpadu. Proyek Pesisir. Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor (IPB)).

LPPM IPB. 2015. Kajian Pemanfaatan Potensi Budidaya Rumput Laut Kota Bontang. Bontang : DPKP Bontang.

Petrus. 2015. Slide Presentasi Budidaya Rumput Laut. Gorontalo : LP2BRL.

Petrus. 2015. Slide Presentasi Penyediaan Bibit Rumput Laut. Gorontalo : LP2BRL.

Petrus. 2017. Slide Presentasi Pencegahan Hama dan Penyakit Rumput Laut. Gorontalo : LP2BRL.

Petrus. 2017. Slide Presentasi Penerapan Kalender Musim Tanam untuk Budidaya Rumput Laut yang Efektif dan Berkelanjutan. Gorontalo : LP2BRL.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v4i1.1628

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.